Selasa, 17 September 2019


Pemandu Lapang Perkebunan Malang Makin Berkompetensi

08 Mar 2019, 15:30 WIBEditor : Gesha

Peserta Bimtek melakukan praktek kepemanduan di Desa Bocek Kec. Karangploso. | Sumber Foto:WAHYU

sehingga bisa menciptakan kader pemandu serta adanya perubahan pengetahun, sikap dan keterampilan bagi para petani

 

TABLOIDSINARTANI.COM, Malang --- Pemandu Lapang Perkebunan di Kabupaten Malang kini semakin berkompetensi dan siap menularkan ilmunya pada petani kebun.

Sebanyak 20 penyuluh pertanian dari 20 kecamatan yang memiliki potensi komoditas perkebunan seperti, kopi, kakao, tembakau, tebu, cengkeh dan nilam mengikuti Bimtek Pemandu Lapang Perkebunan yang dilakukan Dinas Tanaman Pangan Hortikultura dan Perkebunan Kab. Malang di Mulyoagung Kec. Dau

Dengan pemateri yang didatangkan berasal dari Puslitkoka, Balitas, Perusahaan Gula Krebet, hingga Master Trainer dari DTPHP Kab. Malang, berbagai materi diberikan kepada peserta mulai dari teknis budidaya on farm dan off farm, teknik kepemanduan, dinamika kelompok, dan lain sebagainya. 

Pelatihan dibuka oleh Kadis TPHP Kab. Malang, Budiar dan dilakukan selama 3 hari (26-28 Februari 2019). Diawali dengan  pemaparan materi di kelas, dilanjut dengan unjuk kerja kepemanduan dan selanjutnya dibagi dalam kelompok kecil yang diterjunkan langsung untuk memandu petani di wilayah yang telah ditentukan, yaitu di Desa Bocek Kec. Karangploso. 

Pelatihan yang diselenggarakan oleh Bidang perkebunan DTPHP ini merupakan salah satu pelatihan untuk mengkader para calon PL  yang saat ini dari tahun ke tahun berkurang.

Dengan adanya perekrutan 20  PL diharapkan dapat mendampingi kegiatan atau program baik dari anggaran APBD I maupun  II, sehingga bisa menciptakan kader pemandu serta adanya perubahan pengetahun, sikap dan keterampilan bagi para petani dengan hadirnya sosok pemandu yang sesuai dengan kompetensinya. (Wahyu Lis & Setiawan, PPL Kab. Malang)

Reporter : Lely
BERITA TERKAIT
Copyright @ Tabloid Sinar Tani 2018