Senin, 26 Agustus 2019


Petani Berdaya, Petani Sejahtera di Desa Mitra Polbangtan Bogor

13 Apr 2019, 17:14 WIBEditor : Gesha

Kepala Badan PPPSDMP , Momon Rusmono memberikan bantuan produktif bagi desa mitra dari Polbangtan Bogor | Sumber Foto:lely

 

TABLOIDSINARTANI.COM, Bogor --- Ada senyuman bahagia dan optimisme di Desa Lemah Duhur yang terpilih sebagai Desa Mitra Politeknik Pembangunan Pertanian (Polbangtan) Bogor.

Desa Mitra tersebut mendapat Pemberdayaan Terpadu dari bimbingan teknis, penguatan kapasitas, dan pengembangan kelembagaan tani, temu bisnis hingga fasilitas bantuan ternak bibit hingga alat mesin pertanian (Alsintan).

Desa Mitra juga akan menjadi Laboratorium Lapangan dalam pelaksanaan pembelajaran vokasi.

Pemberdayaan Desa Mitra adalah Program Pengabdian Masyarakat Polbangtan Bogor yang dilakukan secara terpadu dengan melibatkan dinas/instansi terkait.

Program ini terdiri dari empat fase, fase pertama di tahun 2019, adalah Benah Kelompok, fase kedua pada tahun 2020, yaitu Penumbuhan Asosiasi/Gabungan Kelompok Tani, fase ketiga di tahun 2021, yaitu  Penumbuhan Kelembagaan Ekonomi Petani, dan fase keempat Pemantapan Kelembagaan Ekonomi Petani. 

Kepala Badan Pengembangan dan Penyuluhan SDM Pertanian (BPPSDMP), Momon Rusmono dalam arahanya menekankan kangen kembali ke kampus “Karena jujur saya merasa muda lagi di kampus Polbangtan” ujar Momon. 

Momon menambahka  bahwa tugas Pendidikan itu menciptakan SDM pelaku utama pertanian yang professional mandiri dan berdaya saing.

"SDM yang pertama adalah petani. Kita bangun kedepan petani sebagai sebuah profesi. Dimana petani bekerja bukan hanya sebagai petani tapi sebagai profesi yang paham bisnis dari hulu sampai hilir. Dari mulai penyediaan sarana prasarana produksi pertanian hingga pemasaran online," tuturnya.

Apalagi Kunci pertanian di Bogor yang dekat dengan ibukota adalah informasi pasar. "SDM Pertanian baik Petani, penyuluh, mahasiswa, santri tani milenial harus selalu menjadi muda dengan mengikuti perkembangan ilmu komunikasi dan informasi serta iptek," tukasnya.

Karena itu, Lulusan Polbangtan sudah didesign menjadi job creator melalui program pemberdayaan wirausaha muda pertanian yang mendapat dana 15-35 juta untuk membuat startup usaha di bidang pertanian.

Diharapkan melalui kerjasama Polbangtan dengan Desa Mitra akan menciptakan sinergi menghasilkan petani berdaya, petani sejahtera.

Dan mengingkatkan regenerasi petani milenial di desa-desa yang punya potensi pertanian dan peternakan.

Reporter : Lely
Copyright @ Tabloid Sinar Tani 2018