Monday, 21 September 2020


Menghadapi 4.0, Perlu Siapkan Penyuluh Pertanian Milenial

29 Apr 2019, 13:35 WIB

Penyuluh Pertanian Milenial | Sumber Foto:Joko S

Joko Samiyono


TABLOIDSINARTANI.COM - Penyuluh Pertanian (PPL) Milenial adalah penyuluh yang  adaptif dengan teknologi Informasi dan komunukasi. Ia dituntut harus melek teknologi, agar dapat mengakses ke sumber-sumber teknologi informasi, melaporkan indikator kinerja, mengusulkan dan melakukan penilaian DUPAK melalui On-Line, sehingga dengan adanya teknologi informasi digital semua urusan lebih cepat, dan tepat waktu.

Para penyuluh pertanian yang merupakan jabatan fungsional memiliki  tugas, tanggungjawab dan wewenang penyuluhan pertanian termasuk di era milenial. Mereka bisa sebagai  PPL ASN PNS/PPPK, PPL Swadaya dan Swasta.

Dengan diberi wewenang dan tanggungjawab,  Penyuluh Pertanian berkewajiban memberikan pendampingan dan pengawalan kepada petani dan masyarakat pertanian lainnya dengan baik. Oleh karena itu Penyuluh Pertanian Milenial, Penyuluh yang  Adaptif dengan teknologi Informasi dan Komunukasi dituntut harus melek teknologi, agar dapat mengakses ke sumber-sumber teknologi informasi, melaporkan indikator kinerja, mengusulkan dan melakukan penilaian DUPAK melalui On-Line, sehingga dengan adanya teknologi informasi digital semua urusan lebih cepat, dan tepat waktu.

Generasi muda pertanian milenial merupakan salah satu generasi yang mempunyai potensi sangat penting dan harus diupayakan dengan optimalkan, untuk mendukung program pembangunan bidang pertanian. Agar  para generasi muda milenial Penyuluh Pertanian tersebut tidak kehilangan momen penting untuk terus melibatkan diri mencari informasi, menyebarkan informasi tepat guna melalui media sosial untuk menghadapi MEA dan 4.0.

Dengan potensi pertanian yang sangat besar, Negara Indonesia merupakan Negara Agraris dengan potensi pertanian dengan ketersediaan lahan, kesesuaian iklim, tenaga kerja muda bidang pertanian, komoditas sangat beragam, dan kekayaan hayati, dengan lahan yang luas dapat dikembangkan menjadi lahan pertanian berkelanjutan untuk di jadikan lokomotif ekonomi ke depan. Untuk mengelola potensi tersebut diperlukan generasi muda bidang pertanian yang cerdas, terampil, inovatif agar dapat menjawab tantangan penbangunan pertanian dimasa yang akan datang.

BERITA TERKAIT
Edisi Terakhir Sinar Tani
Copyright @ Tabloid Sinar Tani 2018