Kamis, 23 Mei 2019


BPPSDMP Siap Bimbing Petani Millenial Belitung Kembalikan Kejayaan Lada

13 Mei 2019, 11:23 WIBEditor : GESHA

BPPSDMP siap mendampingi petani muda untuk mengembalikan kejayaan lada | Sumber Foto:HUMAS BPPSDMP

 

TABLOIDSINARTANI.COM, Belitung --- Pulau Belitung yang sudah sejak jaman penjajahan terkenal sebagai daerah penghasil lada kualitas premium yang dikenal dunia internasional dengan nama muntok white pepper. Di masa kini, perlu petani-petani milenial yang tak hanya punya semangat penuh bertani namun penuh dengan inovasi dan melek teknologi untuk bisa mengembalikan masa kejayaan lada.

Karenanya, Kementerian Pertanian melalui Badan Penyuluhan dan Pengembangan Sumberdaya Manusia Pertanian (BPPSDMP) melakukan audiensi dengan para petani muda Desa Air Seruk Kecamatan Sijuk untuk bisa berinovasi dan menambah ilmu dalam rangka mengembalikan kejayaan lada di propinsi kepulauan Bangka Belitung.

Pembinaan ini bisa dalam bentuk memberikan program magang pada para penyuluh ke daerah yang sukses dalam teknologi dan inovasi di bidang lada, maupun pembinaan petani langsung melalui bimbingan teknis dan magang-magang ke daerah yang terkenal akan kesuksesan dalam komoditas ini.

Dalam audiensi yang juga dihadiri oleh Dinas Ketahanan Pangan dan Pertanian Kabupaten Belitung, PPL dan perwakilan petani muda tersebut, ada diskusi mengenai peningkatan mutu SDM dan anjuran teknis peningkatan produksi lada.

Berbagi ilmu dan juga pengalaman dari para pejabat di kementerian pertanian tersebut juga banyak memberikan inspirasi dan motivasi baik bagi petani maupun pada penyuluh.

Harapan yang sangat besar dari semua pihak tentunya, yaitu kejayaan lada akan kembali ke propinsi ini dan para petani tak hanya sukses dalam meningkatkan produksi lada, namun juga semangat untuk terus memajukan pertanian dan berinovasi akan terus meleji.

 

Reporter : Joko Samiyono
Copyright @ Tabloid Sinar Tani 2018