Saturday, 22 February 2020


Mencetak Penyuluh Profesional dengan Uji Kompetensi Kenaikan Jenjang

21 May 2019, 15:53 WIBEditor : Ahmad Soim

Uji Kompetensi Penyuluh Pertanian | Sumber Foto:Joko Samiyono

Oleh: Joko Samiyono



Uji Kompetensi Kenaikan Jenjang Jabatan, merupakan amanah Peraturan Pemerintah Nomor:11/2017 tentang Manajemen Pegawai Negeri Sipil. Salah satunya untuk Penyuluh pertanian.

Penyuluh Pertanian merupakan jabatan fungsional yang termasuk dalam kelompok Rumpun Ilmu Hayat Pertanian (RIHP) dengan kelompok keterampilan dan keahlian, memiliki ruang lingkup tugas, tanggungjawab, dan wewenang penyuluhan pertanian.

Sebagai Aparatur Sipil Negara, penyuluh Pertanian diberi hak serta kewajiban secara penuh oleh pejabat yang berwenang dan agar terus ditingkatan kompetensinya. Salah satunya melalui uji kompetensi kenaikan jenjang jabatan bagi penyuluh pertanian baik pusat dan daerah.

Dengan uji kompetensi tersebut diharapkan kemampuan penyuluh pertanian dalam mengorganisasi tugas, mengaktualisasikan nilai-nilai kebaikan dalam kehidupan, kemampuan dialogis dua arah, membangun kemitraan dan jejaring serta mengorganisasikan petani dalam peningkatan kapasitasnya dapat terus meningkat selainkemampuan dialogis dua arah, membangun kemitraan dan jejaring serta mengorganisasikan petani dalam peningkatan kapasitasnya dapat terus meningkat selain profesionalismenya.

Pusat Penyuluhan Pertanian pun melaksanakan uji kompetensi tersebut. Tercatat Penyuluh Pertanian yang telah memenuhi syarat untuk naik ke jenjang Muda dari jumlah peserta sebanyak 19 orang yang lulus memenuhi Passing Grade 70 sebanyak 12 orang, Madya sebanyak 11 orang yang lulus memenuhi Passing Grade 75 sebanyak 3 orang dan utama sebanyak 7 orang yang lulus memenuhi Passing Grade 80 Sebanyak 4 orang baik Pusat maupun Daerah.

Uji Kompetensi sangat penting dan wajib diikuti oleh seluruh ASN PNS Pejabat Fungsional Penyuluh Pertanian baik terampil maupun ahli yang akan menduduki jenjang jabatan agar lebih profesional danĀ  kompeten.

BERITA TERKAIT
Edisi Terakhir Sinar Tani
Copyright @ Tabloid Sinar Tani 2018