Sabtu, 17 Agustus 2019


Kementan Siapkan Calon BPP Penerima Penghargaan Berprestasi Tahun 2019

24 Jun 2019, 06:52 WIBEditor : Ahmad Soim

Rapat Tim Penilai BPP Berprestasi 2019 | Sumber Foto:Saptalina



TABLOIDSINARTANI.COM - Kementerian Pertanian sedang menilai untuk memberikan apresiasi 3 (tiga) Balai Penyuluhan Pertanian (BPP) yang berprestasi pada peringatan HUT Kemerdekaan RI, 17 Agustus 2019 di Jakarta.

"Sekarang sudah selesai seleksi administrasi, kita pilih 5 yang terbaik, dan dalam waktu dekat kita terjunkan tim dari Pusat Penyuluhan Pertanian untuk verifikasi lapangan," kata Kepala Pusat Penyuluhan Pertanian Badan Penyuluhan dan Pengembangan SDM Pertanian Siti Munifah saat rapat Tim Penilai menentukan nominasi lima besar pelaku pemberdayaan petani berprestasi 2019 di Kementan (21/6).

Selain katagori BPP berprestasi, Pusat Penyuluhan Pertanian juga menilai katagori lainnya, yakni Penyuluh Pertanian berprestasi, katagori Kelembagaan Ekonomi Petani (KEP) berprestasi, Gabungan Kelompok Tani (Gapoktan) berprestasi, dan Petani berprestasi.

Siti Munifah mengatakan dalam kesempatan itu sektor pertanian memegang peranan penting dan strategis dalam pembangunan nasional, yang telah memberikan kontribusi nyata terhadap penyediaan pangan, kegiatan utama ekonomi perdesaan sebagaian besar masih tetap mengandalkan bidang pertanian.

Keberhasilan dalam memperkuat ekonomi perdesaan akan mendorong secara nasional. Desa sebagai wilayah sentra produksi pertanian lanjutnya tidak terlepas dari peran Balai Penyuluhan Pertanian (BPP) dalam menggali potensi pertanian di perdesaan sebagai wilayah binaannya.  Kementerian Pertanian sedang melakukan penilaian untuk pemberian penghargaan bagi BPP teladan sebagai apresiasi dalam pendampingan dan pengawalan program pembangunan pertanian terdepan di kecamatan yaitu BPP.

BPP yang dinilai bisa sebagai berprestasi adalah yang mampu berperan  sebagai unit kerja non struktural dengan wilayah kerja satu atau beberapa kecamatan, merupakan Kelembagaan Penyuluhan Pertanian Pemerintah terdepan di kecamatan mempunyai tugas dan fungsi yang tidak mungkin dikerjakan lembaga lain selain BPP yaitu mengawal program pembangunan pertanian sebagai bagian integral dari pembangunan nasional mempunyai peranan strategis tersebut dalam mewujudkan swasembada pangan dalam penyediaan pangan, bahan baku industri, peningkatan eksport dan devisa negara, penyediaan kesempatan kerja dan kesempatan berusaha, peningkatan pendapatan petani dan kesejahteraannya tidak terlepas dari peran Penyuluh Pertanian,  BPP.

Kementerian Pertanian cq. Badan Penyuluhan dan Pengembangan SDM Pertanian setiap tahun memberikan apresiasi, pada tahun ini kepada 3 (tiga) BPP yang berprestasi bersamaan dengan HUT Kemerdekaan RI tahun 2019 akan diundang ke Jakarta dan diberikan apresiasi dan nominator.

"Proses penetapan calon penerima penghargaan dimulai dari seleksi administrasi dan seleksi lapangan dengan ketat oleh Tim Penilai Penghargaan BPP yang telah ditunjuk Kamentan. Sebelumnya mereka adalah sudah lolos seleksi serupa di tingkat kabupaten dan propinsi," tambah Siti Munifah dapat rapat ini yang dihadiri Ketua Umum KTNA Winarno Tohir dan Pemimpin Redaksi Tabloid Sinar Tani Ahmad Soim.

Reporter : Joko Samiyono
Copyright @ Tabloid Sinar Tani 2018