Selasa, 22 Oktober 2019


Penyuluh Pertanian Semangat Manfaatkan Lahan Pekarangan BPP

12 Agu 2019, 09:48 WIBEditor : Gesha

Penyuluh Pertanian di Cikande memanfaatkan lahan pekarangan BPP untuk diseminasi teknologi | Sumber Foto:Arifullah

TABLOIDSINARTANI.COM, Cikande --- Penyuluh Pertanian dituntut kreatif untuk dari segala sisi. Salah satunya memanfaatkan lahan pekarangan di Balai Penyuluhan Pertanian (BPP) setempat.

"Pemanfaatan lahan pekarangan di BPP, tujuannya agar menarik minat petani untuk berkunjung dan berdiskusi seputar kagiatan usaha taninya. Dengan cara seperti itulah kami bisa menyampaikan informasi teknologi ke petani bahkan yang bukan petani pun kami layani di luar jadwal kunjungan ke kelompok tani agar bisa diterapkan di lahan pekarangan rumahnya," tutur Penyuluh BPP Kecamatan Cikande, Dedy Alfian.

Dedy menambahkan pemnfaatan pekarangan BPP yang baik dapat menarik perhatian orang yang memandang dn tidak jarang orang akan berkunjung ke BPP untuk melihat-lihat dan bertanya bagaimana cara serta biaya yang dibutuhkan untuk membuat pekarangan/cara budidaya.

"Selain itu berbagai manfaat jg didapat bisa sebagai sumber pangan, sumber plasma nutfah, pengendali iklim, penyerap karbondioksida dan penghasil oksigen," tambahnya.

Bersama penyuluh lainnya, Dedy mengaku gotong royong berswadaya dengan cara iuran untuk membeli alat dan bahan untuk menjadikan BPP agar indah dipandang. "Hasil panennya pun kami jual untuk Kas BPP. Kalau udah seperti ini kan, BPP kelihatannya lebih hidup," tambahnya.

Reporter : Arifullah
BERITA TERKAIT
Copyright @ Tabloid Sinar Tani 2018