Minggu, 20 Oktober 2019


Penyuluh Pertanian Harus Handal Luar Biasa pada Era Industri 4.0

25 Agu 2019, 10:02 WIBEditor : Ahmad Soim

Kepala BPPSDM Pertanian Prof Dedi Nursyamsi | Sumber Foto:Ahmad Soim

TABLOIDSINARTANI.COM - Penyuluh Pertanian Lapangan (PPL) harus menjadi sosok yang handal luar bisa dalam mendampingi petani pada era industri 4.0.

 

Sektor Pertanian memegang peranan penting dan strategis dalam pembangunan nasional, karena telah memberikan kontribusi nyata dalam penyediaan pangan.

 

Penyuluh Pertanian sebagai ujung tombak pembangunan pertanian dalam mendampingi dan mengawal program pembangunan diperlukan kualitas dan kuantitasnya yang memadai agar dapat mempercepat proses peningkatan produksi dan produktivitas.

 

Kepala Badan PPSDMP Prof Dedi Nursyamsi pada saat memberikan arahan yang didampingi Ketua Tim Penilai Penilai Angka Kredit Pusat, Anggota Tim Penilai Angka Kredit Penyuluh Pertanian Pusat dan Sekretariat Tim Penilai di Zia Agria hotel Bogor-Jawa Barat (23/8) menyampaikan dalam rangka membangun SDM penyuluh pertanian yang handal perlu terus mengembangkan profesionalisme dan meningkatkan kapasitasnya agar para penyuluh pertanian mampu bekerja, cepat dan tepat serta serius dan fokus dalam melaksanakan tugas dan perannya.

 

Sebagai Aparatur Sipil Negara (ASN) PNS Penyuluh Pertanian diberi hak dan kewajiban secara penuh oleh pejabat yang berwenang dengan kinerja yang terukur, akuntabel, partisifatif dan transparan.

 

Disamping itu, dalam menghadapi era industri 4.0 penyuluh pertanian juga harus terus meningkatkan kapabilitas, dan harus terus meng update teknologi dan informasi agar menjadi sosok Penyuluh Pertanian handal harus luar biasa dalam bekerja.

 

Oleh karena itu, penyuluh pertanian tidak hanya mentransfer teknologi di hulu saja tetapi harus membina petani mulai dari hulu sampai hilir agar dalam berusaha tani petani mampu melakukan processing sampai dengan packaging dan pemasaran (informasi pasar, menguasai pasar dan sumber-sumber akses permodalan) dengan demikian petani mampu berdaya saing dan mandiri dalam berusahatani, sehingga petani sejahtera.

Reporter : Som
Copyright @ Tabloid Sinar Tani 2018