Rabu, 28 September 2022


Berkat Pinang, Darius Jadi Penyuluh Pertanian

13 Sep 2022, 09:56 WIBEditor : Herman

Darius Penyuluh Pertanian Alor | Sumber Foto:Darius

TABLOIDSINARTANI.COM, Alor --- Pinang menjadi salah satu komoditas andalan masyarakat Nusa Tenggara Timur. Kebutuhan buah pinang yang besar di Nusa Tenggara Timur khususnya Alor menjadi peluang bagi masyarakat tidak kecuali bagi Darius Bler Sir. Berkat pinang Darius kini bisa menjadi penyuluh pertanian yang selalu siap mendampingi para petani dalam menjalankan usaha taninya. 

“Saya dan keluarga mengalami kekurangan, buah pinang selalu menjadi andalan. Buah pinang sangat dibutuhkan warga masyarakat Nusa Tenggara Timur khususnya Alor Pantar,” ungkap Darius.

Disetiap acara warga, buah pinang selalu tampil memikat diatas meja bersama pasangannya sirih dan kapur. Bagi masyarakat Kabupaten Alor, buah pinang merupakan buah yang sangat dibutuhkan baik dalam urusan adat hingga kegiatan pesta.

Bahkan, bagi setiap tamu yang berkunjung ke rumah warga,  buah pinang lah yang terlebih dahulu menyapa mereka.

Besarnya permintaan buah pinang di Kabupaten Alor, dilihat Darius sebagai sebuah peluang yang sangat menjanjikan. Karena itu pada tahun 2005, Darius menanam sekitar 2000 pohon pinang di kebunnya yang berada  di daerah Air Tangwala.

Kebun tersebut juga diakui Darius sebagai kebun percontohan bagi masayrakt petani di Desa Lalafang dan Desa Nule.

“Saya memanen pinang setiap bulan Desember, karena pada bulan tersebut stok buah pinang sudah berkurang dan tentunya harga pinang meningkat tajam. Dalam panen paling tidak diperoleh 90 karung atau sekitar 4 ton buah pinang segar,” terangnya.    

Darius mengatakan prinsip ketika memberikan penyuluhan kepada petani, maka ia harus memberi contoh, sehingga petani bisa melihat dan mengikuti apa yang sudah dilakukan.

“Karena kalau hanya mendengar maka akan cepat lupa, tetapi kalau langsung melihat maka petani akan ingat terus dan bisa meniru contoh yang ada,” tambahnya.

Darius mengaku dari pinanglah kedua orang tua bisa menyekolahkannya sampai mendapat gelar SST dan sekarang menjadi Penyuluh Pertanian. Dan bahkan saat ini Darius dipercaya untuk menjadi  Koordinator/Kepala BPP Pantar Tengah yang siap mendampingi para sahabat tani.

Reporter : Eko
BERITA TERKAIT
Edisi Terakhir Sinar Tani
Copyright @ Tabloid Sinar Tani 2018