Tuesday, 28 June 2022


Cegah Penyebaran COVID-19, Para Milenial di Batu Buka Toko Online Pangan Segar

17 Apr 2020, 17:54 WIBEditor : Clara

Kru Sayur Segar Sehat | Sumber Foto:Dok. Sayur Segar Sehat

TABLOIDSINARTANI.COM, Batu --- Jumlah kasus pasien positif virus corona (Covid-19) di Indonesia masih terus bertambah. Selain Jakarta dan Jawa Barat, Jawa Timur (Jatim) juga menjadi provinsi yang memiliki kasus positif corona tinggi, lebih dari 500 kasus.

Melihat kondisi tersebut, membuat sekelompok anak muda (usia 27-40 tahun) di Kota Batu, Jatim memiliki cara untuk membantu upaya pemerintah dalam mencegah bahkan menghentikaan penyebaran virus asal Kota Wuhan Cina ini. Bagimana caranya? Dengan membuat toko online kebutuhan pangan pokok, Sayur Segar Sehat atau @SAYUR_SEGARSEHAT

"Konsep tentang bisnis ini tercetus Ketika covid 19 mulai terdengar masuk kawasan Jakarta. Melihat pengalaman di negara-negara yang sudah terkena wabah virus ini, bahwa satu satunya jalan untuk mencegah peenyebarannya semakin meluas adalah dengan berdiam diri di rumah," kata Ika Juwita, salah satu founder Sayur Segar Sehat.

Ika beserta rekan-rekannya merasa harus melakukan sesuatu untuk membantu stabilitas pangan tetap terjaga, yaitu dengan menjadi perantara antara petani dengan para warga yang diharuskan berdiam diri di rumah.

Mengingat asupan gizi untuk menjaga daya tahan tubuh sangat diperlukan dalam kondisi seperti ini membuat tim Sayur Segar Sehat memutuskan untuk memilih komoditi sayur sebagai produk untuk didistribusikan. Pada saat yang sama timnya berusaha mengedukasi masyarakat untuk hidup sehat dengan mengkonsumsi sayur sehat dan sekaligus mensejahterakan kehidupan petani.

Meskipun tergolong 'pemain baru', ternyata Sayur Segar Sehat yang berlokasi di Desa Pandanrejo, Kecamatan Bumiaji ini mendapat respon positif dari masyarakat. Bisa dilihat dari omzet yang diperoleh mencapai Rp 15 juta dalam seminggu.

"Target pasar Kami sebenarnya adalah masyarakat lokal Kota Batu, karena memang pada awalnya Kami berniat untuk membantu mengurangi pergerakan masyarakat," tukas Ika. Namun setelah dijalankan, ternyata pesanan bukan hanya berdatangan dari Kota Batu, melainkan juga dari Kota  Surabaya dan Malang bahkan provinsi lain.

Founder Sayur Segar Sehat adalah sekumpulan trainer pengembangan sumber daya manusia yang ingin ikut andil dalam menggalakkan program #dirumahsaja dan membantu petani untuk memasarkan hasil panennya.

"Saat ini Kami sedang mempersiapkan suplai produk untuk didistribusikan ke Kota Surabaya dan Malang. Dan beberapa juga ada permintaan kiriman produk sampai Indramayu dan Jayapura," ungkapnya.

Reporter : Tiara
BERITA TERKAIT
Edisi Terakhir Sinar Tani
Copyright @ Tabloid Sinar Tani 2018