Tuesday, 07 July 2020


Gunakan Alsintan Jauh Lebih Efektif

13 May 2020, 23:38 WIBEditor : Clara

Alsintan memang sangat membantu petani | Sumber Foto:Istimewa

TABLOIDSINARTANI.COM, Jakarta---Beralihnya pertanian tradisional ke pertanian modern, salah satunya ditandai dengan penggunaan alat dan mesin pertanian (alsintan). Dengan menggunakan alsintan, pekerjaan jauh lebih efektif dan hemat biaya. Hal ini diungkapkan oleh petani di Kabupaten Maos, Cilacap, Supendi.

Menurut Supendi, penggunaan alsintan ini sangat membantu petani. Karena pekerjaan jauh lebih cepat dan hasil yang didapat pun meningkat. “Awal pertama kenal alsintan itu jelas traktor. Awalnya bingung cara kerjanya gimana, ditambah harus beli solar. Tetapi ketika mencoba, ternyata mudah pengoperasiannya dan dengan waktu yang cepat serta irit tenaga kerja, pembelian solar pun jadi tidak terasa. Saya hitung-hitung, jauh lebih murah,” ungkapnya.

Begitu juga dengan alat perontok padi yang awalnya petani masih menggunakan sebilah papan seperti papan gilasan untuk mencuci baju, lalu padinya dirontoakan dengan cara digebut-gebut. Jelas makan tenaga dan banyak kehilangana hasil. “Tentu lebih efisien alat perontok padi. Kita tidak membutuhkan tenaga ekstra untuk menggebut-gebutnya. Cukup dimasukan, padi akan rontok,” jelas Supendi.

Memang yang masih jarang digunakan di daerahnya adalah combine harvester yang jauh lebqih efisien dibandingkan alat perontok padi karena dalam satu mesin mampu mengerjakan tiga pekerjaan, yakni: membabat padi, merontokan, dan langsung dikemas ke dalama karung.

Supendi mengatakan untuk combine harvester masih jarang karena untuk meminjam ke UPJA, mesinnya belum terlalu banyak. Jadi ketika akan menyewa, sedang tidak ada mesinnya. “Itu alsintan memang paling ToP menurut saya. Pekerjaan kita jauh lebih singkat waktunya. Ditambah mampu menekan kehilangan hasil, tetapi sayangnya masih jarang digunakan,” ungkapnya.

Walaupun yang masih dominan alsintan yang digunakan adalah traktor dan mesin perontok padi, menurut Supendi itu sudah cukup membantu petani. Hemat waktu, tenaga, dan biaya. “Jelas dengan alsintan ini pekerjaan kita di lapangan jadi lebih singkat. Untuk biaya tenaga kerja pun berkurang. Jadi tentu saja kita jauh lebih hemat,” pungkasnya.

 

Reporter : Agustin
BERITA TERKAIT
Edisi Terakhir Sinar Tani
Copyright @ Tabloid Sinar Tani 2018