Friday, 18 June 2021


Solusi Plat  Merah dan Plat Hitam

21 Apr 2021, 19:26 WIBEditor : Yulianto

FGD yang diselenggarakan Tabloid Sinar Tani | Sumber Foto:Echa

Sementara itu untuk membantu petani, perusahaan plat merah, PT Pupuk Indonesia Tbk menawarkan solusi dengan program Agro Solution.  Agro Solution adalah program pendampingan intensif kepada petani dan budidaya pertanian berkelanjutan, serta melibatkan rantai pasok.

Senior Project Manager Agro Solution PT Pupuk Indonesia, Supriyoto mengatakan, pihaknya kini turun langsung mendekatkan diri dan memberikan solusi serta servis terbaik pada petani. Agro Solution adalah program holistik peningkatan kesejahteraan petani. “Kami memberikan pendampingan dan pengawalan untuk membantu petani mendapatkan hasil optimal menjadi kata kuncinya,” katanya.

Menurutnya, program ini dilakukan dengan enam langkah implementasi Agro Solution. Pertama, pengelolaan tanah dan tanaman yang produktif dengan memperhatikan kelestarian lingkungan hidup. Kedua, pendampingan yang intensif.

Ketiga, lanjut Supriyoto, pola budidaya pertanian presisi berbasis teknologi digital (digital farming) didukung dengan penggunaan alat dan mesin untuk meningkatkan produktivitas lahan secara kualitas maupun kuantitas. Keempat, akses permodalan dan perlindungan risiko berupa asuransi pertanian bagi petani.

Kelima, pengembangan sosial masyarakat petani dan bisnis inklusif. Terakhir, menciptakan kemitraan pertanian pasar guna meningkatkan ketersediaan pangan sesuai kebutuhan pasar, meningkatkan nilai tambah hasil panen, ketersediaan jaringan distribusi serta ketersediaan off taker.

Jika dari plat merah menawarkan Agrosolution, maka perusahaan plat hitam PT. Mitra Sejahtera Membangun Bangsa (MSMB) menawarkan teknologi 4.0 untuk membantu petani mengaplikasikan pupuk dengan benar. Ignatius Putra Andika,  Expert System PT. MSMB mengakui, salah satu permasalahan petani dalam berusaha tani adalah penggunaan pupuk yang tepat.

Untuk itu, pihaknya memberikan solusi dengan aplikasi android berbasis teknologi pertanian yakni RiTx Bertani. Aplikasi ini membantu pencatatan kegiatan pertanian tergantung kondisi, kebutuhan tanaman dan lingkungan.

Aplikasi ini terkoneksi sensor dengan proses sensor mengambil data dari lahan, kemudian data masuk ke database, setelah itu data ditampilkan ke dalam aplikasi,” kata Putra. Saat ini ada sebanyak 118 sensor di seluruh Indonesia. Bahkan kini lebih dari 12.108 orang petani telah terdaftar dalam aplikasi RiTx ini.

 

Kecanggihan aplikasi ini adalah fitur RiTx sudah lengkap untuk kebutuhan petani dari hulu hingga ke hilir, yaitu fitur pemupukan, monitoring lahan, informasi lahan, juga fitur hama dan penyakit. Kelengkapan fitur lainnya yaitu komoditi, prediksi panen, harga pangan, baca artikel, forum, dan RiTx poin.

Reporter : Tim Sinar Tani
BERITA TERKAIT
Edisi Terakhir Sinar Tani
Copyright @ Tabloid Sinar Tani 2018