Jumat, 14 Juni 2024


Dinas TPHP Sinjai Salurkan Pupuk Hayati Padat untuk Petani Pala

22 Mei 2024, 12:40 WIBEditor : Herman

Penyaluran Pupuk hayati Kepada Petani pala Sinjai | Sumber Foto:Istimewa

STABLOIDSINARTANI.COM, Sinjai --- Pertanian pala di Kabupaten Sinjai terus menggeliat. Untuk mendukung hal tersebut pemerintah provinsi Sulawesi Selatan memberikan bantuan pupupuk hayati padat kepada petani pala di Kabupaten Sinjai.

Bantuan diserahkan melalui Dinas Tanaman Pangan, Hortikultura dan Perkebunan (TPHP) Sulsel dan diterima langsung Kepala Dinas TPHP Kabupaten Sinjai H. Kamarudin di Halaman Kantor Gabungan OPD, jalan Persatuan Raya Sinjai, Selasa (21/05)

Staf Bidang Perkebunan Dinas TPH-Bun Provinsi Sulsel Darmawati menyampaikan bahwa 58.200 kg pupuk hayati padat diberikan kepada 132 kelompok tani di Sinjai dengan luas lahan 1.164 hektar.

“Jadi per hektar itu akan mendapatkan 50 kg pupuk hayati padat untuk tanaman pala,” jelasnya.

Potensi tanaman pala di Kabupaten Sinjai sangat bagus. Hal ini dibuktikan dengan animo petani yang menanam bibit pala di Sinjai cukup tinggi. Apalagi harganya juga semakin meningkat.

“Animo petani di Sinjai untuk tanam pala sangat tinggi sehingga dengan adanya bantuan ini bisa meningkatkan produktivitas buah pala yang tentunya juga akan dapat meningkatkan kesejahteraan petani kita,” ungkapnya.

Sementara itu, Kadis TPHP Sinjai H. Kamaruddin menyampaikan terima kasih kepada Pemerintah Provinsi Sulsel yang memberi perhatian kepada para petani di Sinjai.

“Kami atas nama Pemda Sinjai dan mewakili petani mengucapkan terima kasih kepada Dinas TPH-Bun Sulsel yang memiliki perhatian khusus untuk pengembangan tanaman pala di Sinjai,” ucapnya.

Bantuan ini selanjutnya diserahkan kepada petani yang sebelumnya juga telah menerima bantuan bibit pala dari Pemprov Sulsel pada tahun 2023 lalu.

“Jadi bantuan pupuk ini ditujukan kepada petani yang tahun lalu menerima bibit pala. Dan Insya Allah tahun ini juga kita kembali akan menerima bantuan bibit pala untuk petani kita yang belum mendapatkan,” jelasnya.

Kamaruddin menambahkan pupuk ini diberikan untuk kelompok tani yang berada di 6 kecamatan yaitu Kecamatan Sinjai Timur, Bulupoddo, Sinjai Tengah, Sinjai Utara, Tellulimpoe dan Sinjai Selatan.

Reporter : Suriady
BERITA TERKAIT
Edisi Terakhir Sinar Tani
Copyright @ Tabloid Sinar Tani 2018