Jumat, 22 Februari 2019


Tambah Luas Tanam, Cilacap Garap Lahan Pegunungan

12 Peb 2019, 10:41 WIBEditor : Yul

Gapoktan garap lahan pegunungan

TABLOIDSINARTANI.COM, CILACAP - Wilayah pertanian pegunungan Kecamatan Dayeuhluhur, Kabupaten Cilacap merupakan lahan tegalan tanah kering dan pegunungan. Namun selama ini sudah banyak menghasilkan produk pangan dan komoditas pertanian lainnya.

Melihat potensi yang sangat besar itu, Pemerintah Daerah Kabupaten Cilacap kemudian melirik menjadi salah satu lokasi Luas Tambah Tanam (LTT). Pemda pun mencanangkan untuk pengembangan padi gogo Situbagendit.

Penanaman Padi Gogo Situbagendit dilakukan atas kerja sama dengan PTPN IX yang mencakup tiga desa yaitu, Desa Matenggeng seluas 150 ha, Desa Ciwalen 15 ha dan Desa Ciwalen seluas 25 ha. Lahan tersebut digarap lima kelompok tani yakni, Gapoktan Silih Asih Desa Matenggeng, Gapoktan Mekar Jaya Desa Bingkeng, Gapoktan Harapan Mekar Desa Ciwalen, Gapoktan Karya Mukti dan Karya Tani Desa Panulisan Timur.

Penanaman di lahan kering tersebut merupakan salah satu program Perluasan Areal Tanam Baru (PATB) dari Dinas Pertanian Kabupaten Cilacap. Perluasan areal tanam padi perlu kerja sama berbagai pihak untuk menyukseskan peningkatan produksi beras. Mulai dari pemerintah daerah (Pemda) dalam menggerakkan masyarakat, petani dan perusahaan termasuk PTPN IX.

Kegiatan ini dapat semakin meningkatkan produksi tanaman padi di Kabupaten Cilacap secara signifikan, mampu meningkatkan nilai jual padi.Kegiatan ini diharapkan makin meningkatkan produksi tanaman padi di Kabupaten Cilacap, meningkatkan nilai jual dan pada akhirnya meningkatkan kesejahteraan petani," kata Bupati Tatto Suwarto Pamuji.

Terkait dengan pencanangan tanam padi gogo di lahan PTPN IX Kebun Warnasari, Bupati Cilacap menandatangani kesepakatan dengan pihak PTPN IX dan Kelompok Tani. Pada kesempatan itu, Bupati memberikan bantuan kepada kelompok tani berupa peralatan tani dan benih padi gogo.

Secara Terpisah Kepala Bidang Tanaman Pangan Dinas Pertanian Kabupaten Cilacap Ermawatie Syahyuni mengatakan, jenis padi Situbagendit cocok di tanam pada areal tanah pegunungan, khususnya Dayeuhluhur. Dengan berbagai perawatan oleh para petani secara maksimal agar panen memuaskan. Panen raya padi gogo Situbagendit sekitar bulan Februari mendatang, dengan harapan panennya melimpah,” katanya.

Reporter : Wasis
BERITA TERKAIT
Copyright @ Tabloid Sinar Tani 2018