Jumat, 21 Juni 2019


Saluran Irigasi Hingga Alsintan Untuk Petani Terus Diutamakan

12 Apr 2019, 17:51 WIBEditor : Gesha

Bantuan alsintan dan beragam bantuan produktif untuk petani sangat dirasakan manfaatnya | Sumber Foto:ISTIMEWA

 

TABLOIDSINARTANI.COM, Takalar Bantuan dari pemerintah yang dikucurkan di Kabupaten Takalar mencapai puluhan miliar. Bantuan tersebut sudah diwujudkan untuk pembangunan saluran irigasi, jalan usaha tani, dan alat dan mesin pertanian (alsintan).

Bupati Takalar, Syamsari Kitta mengapresiasi berbagai program dan bantuan dari pemerintah pusat khusunya dalam sektor pertanian. "Kita menantikan kedatangan Menteri Pertanian Andi Amran Sulaiman sudah lama karena banyak bantuan yang digelontorkan kepada petani Takalar beberapa tahun ini. Dan hari ini pun kembali beliau berikan bantuan Rp 33 miliar, " kata Syamsari pada acara Pertemuan Apresiasi dan Singkronisasi Program Kementerian Pertanian (Kementan) tahun 2019 yang dihelat di Alun-Alun Kabupaten Takalar, Sulawesi Selatan, Jumat (12/4). 

Syamsari mengatakan, tahun lalu Kementerian Desa juga mengucurkan dana desa Rp 134 miliar. Nah, kalau enam kabupaten, total bantuan dari pemerintah pusat ini hampir Rp 1 triliun. "Bantuan tersebut semuanya dapat dirasakan petani. Misalnya, jalan tani sudah tidak becek lagi. Ini bukti nyata pemerintah sangat memperhatikan petani, " ujarnya.

Bantuan lainnya yang juga diterima oleh petani di Takalar adalah pada tahun 2018 lalu Kementan juga mengucurkan bantuan melalui program Bekerja kepada 2.500 kepala keluarga (KK) miskin di Takalar.

Dalam kesempatan tersebut, Syamsari mengatakan Kabupaten Takalar punya program unggulan berupa program satu sapi satu kepala keluarga (KK). Untuk mensukseskan program ini Pemkab Takalar pada tahun 2018 telah bersinergi dengan APBD dan dana desa.

"Pada tahun 2018 sudah direalisasikan sebanyak 500 ekor sapi. Dan pada tahun 2019 ini kami melakukan pengadaan sapi sebanyak 3.000 ekor. Program ini dalah bukti dari keberpihakan pemerintahan kepada rakyat, khususnya petani," paparnya.

Syamsari juga berharap agar ada tambahan bantuan dari Kementerian Pertanian (Kementan), sehingga program sapi ini selesai tahun depan. "Kami yakin kehadiran Bapak Menteri Pertanian mendukung program ini, " ujar Syamsari.

Syamsari bersama segenap bupati Jeneponto, Bulukumba, Bantaeng, Sinjai, Gowa dan Selayar yang hadir pada acara tersebut juga menyampaikan terima kasih kepada pemerintah yang telah memberikan kebijakan dan keberpihakan untuk membantu petani. 

Reporter : Indarto
BERITA TERKAIT
Copyright @ Tabloid Sinar Tani 2018