Senin, 18 November 2019


Pemkab Barito Timur Modifikasi Alsintan Sesuai Kondisi Lahan

29 Mei 2019, 16:44 WIBEditor : GESHA

Mesin panen padi yang selama ini biasa digunakan oleh para petani direkayasa dan dimodifikasi sedemikian rupa sehingga bisa digunakan juga untuk memanen dan memipil jagung. | Sumber Foto:SINAR TANI

 

TABLOIDSINARTANI.COM, Barito Timur --- Agar bisa dipakai sesuai keadaan lahan sekaligus memperbesar manfaat, Pemkab Barito Timur memodifikasi dan mengembangkan alsintan. Salah satunya adalah Combine Corn Harvester sehingga mesin tersebut sangat dibutuhkan untuk mempercepat proses panen dan memipil jagung.

Kepala Dinas Pertanian Kabupaten Barito Timur, Riza Rahmadi menuturkan pengembangan sudah sekitar 60 persen.  “Mesin ini diharapkan dapat mempercepat proses panen dan pemipilan jagung. Target kami, sebelum akhir tahun ini, mesin tersebut sudah  beroperasi sepenuhnya dan dapat dijadikan sebagai acuan untuk diproduksi. Akan tetapi, untuk saat ini, kami masih fokus terhadap fungsi dan kinerja mesin tersebut untuk panen jagung sehingga lebih efisien waktu ," kata Riza Rahmadi.

Dengan demikian, pengembangan mesin itu tidak dimulai dari nol. Mesin panen padi yang selama ini biasa digunakan oleh para petani direkayasa dan dimodifikasi sedemikian rupa sehingga bisa digunakan juga untuk memanen dan memipil jagung.

Ke depannya, diharapkan Kabupaten Barito Timur bisa menggunakan  mesin pemanen dan pemipil dengan tingkat pemakaian  mencapai 80-90 persen.

Barito Timur memang sudah sangat perlu untuk mengembangkan berbagai inovasi dan kreasi di bidang alat dan mesin pertanian, sebab memiliki banyak lahan pertanian yang dapat dimaksimalkan dan dioptimalkan.

Apalagi, saat ini, pemerintah tengah gencar meningkatkan produktivitas tanaman padi, jagung, dan kedelai. Maka, pengembangan inovasi, kreasi, dan produksi alsintan yang berkualitas tinggi menjadi sangat penting.

Bila penggunaan alat dan mesin pertanian melalui UPJA tersebut bisa dikomersilkan dan memiliki nilai tambah. Selain menyebarkan dan mengaplilkasikan teknologi terhadap masyarakat, di sisi lain juga dapat meningkatkan taraf ekonomi.

Reporter : BIMA
Copyright @ Tabloid Sinar Tani 2018