Sabtu, 24 Agustus 2019


Tingkatkan Kesadaran Adaptasi Iklim, Petani Grobogan Sinau Bareng

18 Jul 2019, 15:00 WIBEditor : Gesha

Petani dan penyuluh saling belajar untuk meningkatkan kesadaran iklim, utamanya kekeringan | Sumber Foto:DYAH

 

TABLOIDSINARTANI.COM, Grobogan -- Setelah mendapatkan pelatihan Adaptasi Perubahan Iklim di Tingkat Usaha Tani (API-TUT), petugas dan penyuluh lapang di Kabupaten Grobogan menggelar sinau bareng (belajar bersama) di gapoktan.

Kegiatan Sinau Bareng Adaptasi Perubahan Iklim di Tingkat Usaha Tani (API-TUT) dilaksanakan di BPP Kecamatan Wirosari, Desa Dapurno Kecamatan Wirosari Kabupaten Grobogan sebanyak 12 (dua belas) kali pertemuan pada setiap hari Senin dan Kamis mulai tanggal 15 Juli 2019 sampai 22 Agustus 2019.

Salah satunya dengan mengevaluasi embung yang dibangun pada tahun 2018 oleh Kelompok Tani Kumala Karya IV Desa Katong Kecamatan Toroh Kabupaten Grobogan.

Adapun Peserta Kegiatan Sinau Bareng Adaptasi Perubahan Iklim di Tingkat Usaha Tani (API-TUT) sebanyak 25 (dua puluh lima) orang yang terdiri atas :

Petugas Penyuluh, POPT dan Staf Dinas Pertanian Kab. Grobogan (7 orang), anggota Gapoktan Sido Manunggal Desa Dokoro Kec. Wirosari (8 orang), hingga anggota Gapoktan Tani Minulyo Desa Tanjungrejo Kec. Wirosari (8 orang).

Setelah selesai mengikuti Sinau Bareng Adaptasi Perubahan Iklim di Tingkat Usaha Tani (API-TUT) ini, peserta diharapkan mampu dan terampil dalam memahami isu perubahan iklim.

Termasuk menjadi motor penggerak bagi peningkatan kesadaran dan kemampuan Petugas Penyuluh, POPT dan petani dalam menghadapi perubahan iklim di wilayahnya masing-masing melalui jejaring informasi dan komunikasi yang dibangun bersama Dinas Pertanian Kabupaten Grobogan, BMKG dan instansi terkait lainnya.

Hingga dapat memanfaatkan informasi tersebut untuk mengelola bangunan konservasi air embung pertanian dengan baik.

Reporter : Dyah Susilokarti
Copyright @ Tabloid Sinar Tani 2018