Saturday, 23 January 2021


Salad Kemo Ria yang Bikin Kepo

12 Jan 2021, 16:10 WIBEditor : Yulianto

Ria memilih keluar bekerja di kantor untuk menekuni usaha salad | Sumber Foto:Echa

TABLOIDSINARTANI.COM, Jakarta---Salad buah pastinya sudah tidak asing lagi di telinga Anda. Seperti halnya namanya. Makanan ini menggunakan buah-buahan yang pastinya menyehatkan pada tubuh. Makanan ini sangat cocok disantap saat cuaca sedang panas.

Awalnya salad sering diartikan sebagai makanan yang terdiri dari sayur-sayuran atau daun-daunan hijau yang segar. Namun dalam perkembangannya kini banyak bahan makanan lain yang diolah menjadi salad. Salah satunya buah-buahan.

Adalah Ria Afriani wanita berusia 36 tahun memilih keluar (resign) dari pekerjaan lamanya di bidang administrasi di salah satu perusahaan. Ria fokus menjadi ibu rumah tangga dan berusaha dari rumah.

Usahanya dimulai Juni 2018 dengan mencoba peruntungan di usaha rumahan salad dengan brand Salad Kemo. Berlokasi di Jln Jagakarsa 1 Rt. 04 Rw 02 No 10A Jagakarsa, ternyata salad buatan Ria mampu menarik perhatian konsumen. Kurang lebih 50 psc selalu habis diburu penggemar salad buah.

Ria membandrol Salad Kemo seharga Rp 10.000-75.000 dengan beragam ukuran mulai dari 200-500ml. “Harapanku salad kemo bisa lebih berkembang. Pastinya sukses  dikenal banyak orang salad. Kenapa aku buat PO (purchase order,red) karena masih terbatasnya SDM dan modal. Seminggu aku tiga kali open PO,” terangnya.

 

Ria mengakui, keuntungan dari salad cukup lumayan. Apalagi jika ada pelanggan yang memesan untuk acara, ia bisa memproduksi hingga 100 psc. “Keuntunganku paling tidak sekali PO saja bisa  dapat bersih Rp 1.500.000, malah lebih besar penghasilanku di salad dibandingkan kerja kantoran,” imbuhnya.

Ada yang sedikit menggelitik dan menjadi bahan pertanyaan ketika Sinar Tani mewawancarai Ria, mengapa menamakan merk saladnya dengena Kemo? “Kemo yang kita kenal itu kan kemotrapi. Salad aku memang diambil dari nama kemotrapi. Tapi kemo yang ini bukan kemo yang menyebabkan sakit, malah sehat karena kita memakan buah-buahan yang bikin sehat,” tuturnya.

Namun demikian ternyata ada maksud tertentu dibalik nama Kemo. Menurut Ria, Kemo merupakan kependekan dari Keju Mayonise. “Dua bahan itu merupakan bahan dasar dari pembuatan saladku,” ujarnya sambil tersenyum.

Bagaimana membuat salad buah? Baca resep dari Ria.

Reporter : Echa
BERITA TERKAIT
Edisi Terakhir Sinar Tani
Copyright @ Tabloid Sinar Tani 2018