Friday, 16 April 2021


Es Krim Salak, Peluang Baru untuk Usaha Rumahan

16 Mar 2021, 10:28 WIBEditor : Yulianto

Es krim salak, cocok untuk usaha rumahan | Sumber Foto:Echa

TABLOIDSINARTANI.COM, Jakarta---Salak buah yang bisa kita temukan sehari hari ini ternyata bisa dimanfaatkan dan dikreasikan menjadi es krim. Mungkin didengar cukup aneh, tapi banyak sebagian orang yang berhasil menciptakan menu tersebut.

Bahkan bisa menjadi peluang bisnis baru di tengah pandemi Covid-19 untuk ibu rumah tangga yang ingin memulai bisnis. Salah satu yang berkreasi membuat es krim salak adalah Diar yang telah membuat es krim salak murah meriah dan cocok untuk camilan anak-anak di rumah.

Menurut Diar, untuk membuat es krim salak tidak memakan waktu lama dan tidak perlu menggunakan mixer dan bahan pengembang. Apalagi bahan-bahannya juga ekonomis. “Buatnya tadi malam, pagi ini sudah bisa dikeluarkan, tanpa SP (pengembang,red) jadi ngga perlu di mixer lagi dan tanpa menggunakan  whippe cream juga masih enak di santap,” katanya.

Diar mengakui, jika membuat es krim menggunakan stik dan cetakan memang agak sulit untuk melepasnya. Namun jika menggunakan cetakan silicon jauh lebih mudah. “Lebih gampang lagi kalau pakai plastik es lillin,” ujarnya seraya menambahkan, jika ingin ada balutan rasa cokelat dan agar ada sensasi makan salak beku, bisa ditambah serpihan cokelat dan aroma susu.

Bahan dan cara membuatnya

Beberapa bahan yang diperlukan 200 gram salak yang sudah dikupas tanpa biji kemudian cincang kasar. Sediakn juga 250 ml air, 3 sachet susu bubuk putih (dancow sachett@27 gr), 1/2 sendok teh vanili bubuk, 1 sendok makan maizena (larutkan dengan air) dan 3 sachet susu kental manis/SKM (@40gr).

Langkahnya, menurut Diar, siapkan air lalu, tuang susu bubuk, SKM, vanili bubuk, lalu aduk rata. “Untuk susu bisa juga memakai susu cair UHT, tapi saya lebih suka susu bubuk lebih gurih,” katanya.

Untuk memasak, gunakan api kecil, masak hingga mendidih lalu tuang larutan maizena. Lalu maizena yang sudah dilarutkan dengan air aduk hingga rata sampai meletup letup dan mengental. Kemudian angkat, pindahkan ke dalam wadah lain, sisihkan hingga uap panas hilang.

Sembari menunggu uap panas hilang, potong dan cincang kasar salak, lalu tuang ke dalam larutan susu aduk aduk rata. Siapkan cetakan dan isi penuh. “Karena hanya punya 1 set cetakan stick, sisa adonan saya cetak ke cetakan putu ayu, lalu masukkan freezer sampai adonan mengeras 8 jam lebih,” katanya.

Langkah selanjutnya, lelehkan coklat batang, tuang ke dalam gelas, kemudian diamkan sampai dingin. Ambil es yang sudah membeku, setelah di lepas masukkan ke freezer beberapa menit, celupkan es ke coklat cair, lalu masukkan kembali beberapa menit ke dalam freezer dan siap sajikan.

Ingin mencoba menu ala Diar?

---

Sahabat Setia SINAR TANI bisa berlangganan Tabloid SINAR TANI dengan KLIK:  LANGGANAN TABLOID SINAR TANIAtau versi elektronik (e-paper Tabloid Sinar Tani) dengan klikmyedisi.com/sinartani/

Reporter : Echa
BERITA TERKAIT
Edisi Terakhir Sinar Tani
Copyright @ Tabloid Sinar Tani 2018