Selasa, 27 September 2022


Kehilangan Pekerjaan, Ragil Sukses Bangun Kripik Singkong Endolita  

25 Agu 2022, 10:06 WIBEditor : Yulianto

Ragil geluti kripik singkong, hasilnya bagai kingkong | Sumber Foto:Dok. Ragil

TABLOIDSINARTANI.COM, Cilacap---Kehilangan pekerjaan membuat Ragil Karvinandi Putra akhirnya banting setir menjadi wirausaha kripik singkong. Dengan brand Keripik Singkong Endolita kini penghasilannya tak kalah saat masih bekerja formal. Bahkan permintaannya meledak hingga 1200 bal dalam sebulan.

Siapa yang tak mengenal makanan yang namanya kripik? Kripik merupakan makanan ringan yang banyak digemari masyarakat Indonesia, salah satunya kripik singkong. Di Indonesia, singkong cukup mudah kita jumpai. Potensi inilah yang membuat Ragil Karvinandi Putra berinisiatif memproduksi pangan yang banyak diminati masyarakat berupa kripik singkong.

Kripik Singkong Endolita diproduksi sejak 9 Maret 2020 di Desa Ciporos RT02/RW11 Kecamatan Karangpucung, Kabupaten Cilacap, Jawa Tengah. Pada awal pandemi, Ragil bercerita, dirinya kehilangan pekerjaan. Jadi saya memilih buka usaha kecil kecilan, meski saya tidak memiliki pengalaman berbisnis,” katanya.

 

Kripik Singkong Endolita dijual Rp 12 ribu per bal dengan dua varian rasa yaitu pedas dan asin. Ragil menitipkan kripiknya di warung sekitaran Kecamatan Karangpucung. “Untuk memproduksi kripik menghabiskan 1 ton singkong selama seminggu. Singkong yang digunakan berusia 9-10 bulan yang tidak memiliki rasa pahit,” tuturnya.

Ragil memberikan pengalamannya saat awal merintis bisnis ini yang sulit adalah mencari kepercayaan pelanggan. Mencari kepercayaan pelanggan memang susah, tapi kita terus memperbaiki kualitas rasa dan juga segi packing,” ujarnya.

Dengan ketekunan dan kesabaran dalam usaha, kerja keras Ragil akhirnya mlai berbuah. Omset yang dihasilkan setiap bulannya pun mencapai jutaan rupiah. “Seminggu kalau penjualan ramai bisa habis 300 bal, kalau sepi 100 bal,” kata Ragil.

Ragil menyebutkan kunci dari keberhasilannya adalah tekun, percaya diri, selalu minta ridho orang tua dan selalu berdo’a pada Tuhan Yang Maha Esa. Sukses untuk Ragil.

Reporter : Atun
Edisi Terakhir Sinar Tani
Copyright @ Tabloid Sinar Tani 2018