Sunday, 24 October 2021


Villa Tani Cikerai Tawarkan Wisata Tani dan Ternak

02 Jul 2021, 20:59 WIBEditor : Yulianto

Hari Bowo, Owner Villa Tani Indonesia | Sumber Foto:Dok. Bowo

TABLOIDSINARTANI.COM, Jakarta---Tren wisata kini bukan hanya jalan-jalan, tapi sekaligus sebagai arena pembelajaran. Inilah yang ditawarkan Villa Tani dengan konsep wisata pertanian one stop workshop and learning center.

Dengan tagline ‘From Farm to The Table’, Villa Tani merupakan sebuah harapan agar bisa lebih luas lagi menginspirasi. Tidak hanya menjadi sebuah workshop bagi yang ingin belajar soal pertanian mulai dari pembibitan hingga memanen, tapi juga bisa menikmati hasilnya langsung melalui Villa Resto.

“Villa Tani sendiri muncul dari inspirasi Villa Ternak. Kalau dulu Villa Ternak sebagai learning center peternakan dan pertanian hanya sebagai sub dari peternakan tersebut, sekarang mau saya buatkan khusus, learning center untuk pertanian,” kata Hari Bowo S.Si, Owner Villa Tani Indonesia (VTI).

Bowo mengungkapkan, VTI mengembangkan beberapa jenis tanaman seperti sayur-sayuran dan hortikultura. Untuk mengisi kegiatan soft launching VTI, pihaknya menggelar pelatihan kewirausahaan jahe merah.

Melalui program pelatihan yang rencananya akan digelar setiap satu minggu sekali itu, Bowo ingin mengajak masyarakat untuk gemar bertani dengan cara yang mudah. “Itu yang jangka pendek, namun kita juga kasih value yang untuk jangka panjang dan menengah juga kita kasih,” katanya.

Bowo mencontohkan, pelatihan yang dilakukan seperti menanam buah dan kopi dengan konsep yang mudah, seperti menanam buah di dalam pot. Dengan demikian, usai mengikuti pelatihan bisa melakukan aktivitas di rumah masing-masing  dengan tidak melakukan kesalahan yang sama sesuai cara yang diajarkan.

Ke depan Bowo mengungkapkan, VTI akan membuat sebua arena camping di lahan seluas 1,5 ha. Diharapkan adanya lokasi camping, masyarakat bisa menikmati suasana alam, sekaligus suasana pertanian.

“Camping ground itu bukan hanya kita setting untuk milenial, tapi juga untuk family camping. Sehingga bisa menjadi alternatif tempat wisata melepaskan penat dari kesibukan dan rutinitas, sehingga tidak perlu jauh-jauh ke puncak, ke Lembang, atau ke tempat dengan nuansa alam lainnya,” tuturnya.

Ke depan, pihaknya juga berencana untuk membangun sektor wisata edukasi lainnya, seperti perikanan, area bermain atau outbond center, pesta kebun, dan wahana air seperti waterboom, namun dengan konsep natural.

Bowo juga berharap, dengan adanya Villa Ternak dan Villa Tani, bisa menjadi stimulus untuk memunculkan wirausaha baru di kawasan Cikerai dengan modal yang terjangkau.

 “Apa yang kami bangun di sini ke depan, seperti Villa Resto, Villa Buah, Villa Asri, Villapreneur, yang otomatis menopang salah satu sektor bisnis kita, yaitu Villa Qurban dan Villa Aqiqah,” tuturnya.

Desa Cikerai berada di Kecamatan Cibeber yang berjarak 8 km dari Jalan Lingkar Selatan Cilegon. Dari Jakarta, gunakan Tol Merak dan keluar di Cilegon Timur.

 

Reporter : Echa
Edisi Terakhir Sinar Tani
Copyright @ Tabloid Sinar Tani 2018