Kamis, 09 Februari 2023


Pertama Di Labusel, Kebun Buah Al Asri Destinasi Wisata dan Edukasi

27 Des 2022, 04:17 WIBEditor : Herman

Taman Buah Al Asri Labusel | Sumber Foto:Istansu

TABLOIDSINARTANI.COM, Labuhanbatu Selatan --- Dengan dibukanya Kebun Buah Al Asri, saat ini Kabupaten Labuhanbatu Selatan memiliki tempat wisata sekaligus edukasi bagi para warga.

Dilahan seluas 4 hektar, Kebun Buah Al Asri menawarkan berbagai jenis tanaman buah seperti durian, duku, mangga, jambu, buah naga, jeruk dan lain sebagainya.

Selain itu diungkapkan Khalid Al Asri Hasibuan bahwa taman buah yang berada di dusun Telaga Suka, Desa Tanjung Medan, Kecamatan Kampung Rakyat, Kabupaten Labuhanbatu Selatan juga menghadirkan pertanian hortikultura, peternakan sapi, kambing  dan perikanan serta  peternakan lebah HeteroTrigona Thoracica dan Avis Dorsata.

“Kemudian akan dipersiapkan tempat edukasi, restoran, cafe, homestay serta wahana bermain bagi anak-anak yang dibuka secara umum dan dengan fasilitas yang lengkap” ujar Khalid.

Khalid mengaku usaha yang dirintis orang tuanya H Amat Basri Hasibuan tersebut akan mempekerjakan sekitar 10 anak-anak muda dan mengelolanya secara professional.

“Usaha ini juga akan menjadi P4S  (Pusat Pelatihan Pertanian Pedesaan Swadaya) dan bekerjasama dengan Penyuluh Pertanian Lapangan (PPL) sebagai pendamping. Sehingga masyarakat bukan hanya melihat berbagai macam tanaman buah organik yang bisa petik sendiri tetapi juga tempat pembelajaran,” ungkap lulusan Fakultas Pertanian USU ini.

Bupati Labuhanbatu Selatan H. Edimin yang didampingi Wakil Bupati Ust. Ahmad Fadli Tanjung S.Ag saat hadir dalam launching kebun buah Al Asri mengatakan bahwa Pemerintah Daerah Labusel mengucapkan terimakasih kepada pemilik Taman Buah Al Asri.

“Ini adalah taman buah pertama di Labuhanbatu Selatan bahkan di Kabupaten Labuhanbatu Raya (Labuhan Batu, Labuhanbatu Raya, Labuhanbatu Selatan ),” ungkapnya

Edimin mendambahkab bahwa destinasi wisata taman buah Al Asri akan menambah pengetahuan masyarakat dan menjadi tempat untuk belajar pertanian terpadu.

“Sekarang masyarakat tidak mesti jauh-jauh belajar pertanian terpadu yang akan membantu peningkatan perekonomian masyarakat selain tanaman perkebunan sawit. Karena itu saya berharap masyarakat dapat memanfaatkan Taman Buah Al Asri ini dengan baik,” pungkasnya.

 

 

 

Reporter : Istansu
BERITA TERKAIT
Edisi Terakhir Sinar Tani
Copyright @ Tabloid Sinar Tani 2018