Selasa, 19 November 2019


Dua Kapal Pencuri Ikan Asal Vietnam Kembali Tertangkap!

04 Apr 2019, 12:54 WIBEditor : Gesha

Kapal ikan illegal kembali ditangkap KKP | Sumber Foto:INDARTO

Kedua kapal tersebut tertangkap tangan saat sedang melakukan penangkapan ikan di Wilayah Pengelolaan Perikanan Negara Republik Indonesia (WPP-NRI) Laut Natuna Utara

 

TABLOIDSINARTANI.COM, Jakarta --- Para pencuri ikan dari negara lain terus-terusan menguji ketangguhan perairan negara Indonesia. Kali ini giliran dua kapal ikan asal Vietnam yang gagal mencuri dan justru malah ditangkap Kapal Pengawas Perikanan (KP) Hiu 011.

Pelaksana Tugas (Plt) Direktur Jenderal Pengawasan Sumber Daya Kelautan dan Perikanan (PSDKP), Agus Suherman, mengungkapkan kedua kapal tersebut tertangkap tangan saat sedang melakukan penangkapan ikan di Wilayah Pengelolaan Perikanan Negara Republik Indonesia (WPP-NRI) Laut Natuna Utara pada Selasa (2/4) lalu. 

Keduanya menangkap ikan tanpa dilengkapi dengan izin dari pemerintah Indonesia. Selain tak punya izin, KIA  tersebut menangkap ikan menggunakan alat tangkap pair trawl.

"KP Hiu 011 melakukan penangkapan pada Selasa (2/4) sekitar pukul 17.58 WIB atas kapal BV 92468 TS dengan jumlah Anak Buah Kapal (ABK) sebanyak 8 (delapan) orang berkewaganegaraan Vietnam. Satu kapal lagi yakni, BV 92467 TS dengan jumlah ABK 3 (tiga) orang warga negara Vietnam,” papar Agus, di Jakarta, Kamis (4/4).

Dua kapal dan seluruh ABK warga negara Vietnam tersebut dikawal menuju Satuan Pengawasan (Satwas) Natuna, Kepulauan Riau. Selanjutnya akan dilakukan proses hukum oleh Penyidik Pegawai Negeri Sipil  (PPNS) Perikanan.

Dari pemeriksaan awal, kapal tersebut diduga melanggar UU No 31/2004 tentang Perikanan, sebagaimana telah diubah dengan UU No 45/2009. Dengan ancaman pidana penjara paling lama 6 tahun dan denda paling banyak Rp 20 Milyar.

Penangkapan kedua kapal tersebut menambah deretan kapal perikanan illegal yang telah berhasil ditangkap KKP selama 2019. Tercatat, sejak Januari 2019 hingga saat ini KKP berhasil menangkap 23 kapal perikanan ilegal. Jumlah tersebut terdiri 18 Kapal Ilegal Asing dan 5 Kapal Perikanan Indonesia. Dari total kapal ilegal asing yang ditangkap, 11 diantaranya adalah kapal berbendera Vietnam dan 7 lainnya adalah kapal berbendera Malaysia. 

 

 

Reporter : Indarto
BERITA TERKAIT
Copyright @ Tabloid Sinar Tani 2018