Sabtu, 14 Desember 2019


Lezat dan Empuknya Donat Singkong dari Kebun Sendiri

27 Nov 2019, 14:50 WIBEditor : GESHA

Donat dari singkong, empuk dan lezat | Sumber Foto:COOKPAD

TABLOIDSINARTANI.COM, Ambon --- Siapa yang tidak kenal singkong?Paling enak memang makan singkong rebus atau singkong bakar disaat memasuki musim penghujan dengan ditemani segelas teh hangat. Tapi, ada olahan lain lho yang bisa Anda coba dari singkong ini yaitu donat !. Soal rasa, jangan ditanya sebab donatnya menjadi lebih lezat dan empuk.

Secara tradisional, singkong sangat diminati sebagai pengganti dari makanan pokok sebagian masyarakat Indonesia yaitu nasi. Bukanlah suatu kesalahan, dikarenakan singkong memang mengandung cukup tinggi kalori dan sumber energi yang baik. Dalam perkembangannya, singkong kini telah banyak dimanfaatkan untuk membuat berbagai macam penganan, atau diambil patinya untuk berbagai macam keperluan.

"Singkong menyediakan Energi sebesar 160 Kcal, jumlah Karbohidrat 38.06 g, Protein 1,36 g 2,5, Total Lemak 0.28 g, Kolesterol 0 mg, dan Serat 1,8 g," tutur Kepala Dinas Pertanian dan Ketahanan Pangan Kota Ambon, Johny Tupan kepada tabloidsinartani.com.

Apa jadinya jika singkong diolah menjadi Donat Singkong yang sangat lezat? Sebagian orang mungkin sudah tahu dan pernah mencicipinya. Bagi kamu yang penasaran dengan Donat Singkong ini, kamu bisa membuatnya sendiri di rumah kok. Bahan-bahannya juga cukup mudah didapat, caranya juga tidak terlalu rumit loh.

Bahan :

 
  1. 300 gram, Singkong (terserah jenis apa, asal tidak beracun). Kukus hingga matang, lalu lumatkan.
  2. 2 butir, telur ayam
  3. 2 sendok teh, ragi instan (untuk pengembang). Atau bisa dengan bahan pengembang kue lain.
  4. 500 gram, gula pasir.
  5. 1 sendok makan, air yang bersih (menggunakan air matang lebih baik).
  6. 150 gram, tepung terigu.
  7. 25 gram, tepung maizena.
  8. 2 sendok makan, susu bubuk.
  9. vanilli, secukupnya.
  10. Minyak goreng, secukupnya.
  11. Mentega, secukupnya.
  12. Macam-macam taburan. Bisa dengan keju, meses ceres, gula halus, parutan coklat, dan sebagainya.

Cara Membuat :

 
  • Kocok telur hingga mengental. Lalu masukkan gula pasir, ragi/pengembang kue, dan air. Aduk sebentar hingga semua bahan tercampur merata.
  • Tambahkan singkong yang sudah dihaluskan tadi ke dalam adonan. Aduk kembali hingga tercampur merata.
  • Masukkan tepung terigu, maizena, susu, dan vanilli. Sambil terus diaduk sampai semua bahan tercampur dan teksturnya memungkinkan siap untuk dibentuk.
  • Bulatkan adonan dan biarkan mengembang selama 1 jam. Potong dan timbang adonan dengan berat masing-masing 50 gram. Bulatkan dan biarkan mengembang selama 30 menit.
  • Bentuk adonan donat tadi dengan tangan yang sudah dilumuri sedikit dengan tepung. Hal ini dilakukan agar adonan tidak lengket ditangan. Bentuk bulat menjadi bulat gepeng. Diamkan lagi selama 20 menit.
  • Letakkan pada wadah seperti piring yang juga sudah di taburi tepung, agar tidak lengket. Lakukan teknik membentuk donat, hingga semua adonan terbentuk. Kemudian, diamkan hingga  30 menit.
  • Setelah 30 menit, Siapkan minyak di penggorengan, lalu panaskan.
  • Bila minyak sudah cukup panas, goreng donat hingga matang.
  • Setelah matang, tiriskan donat agar kandungan minya agak berkurang.
  • Lalu olesi permukaan donat dengan sedikit mentega serta taburi dengan taburan sesuai selera.

Tips Membuat Donat Singkong

  1. Untuk mendapat tekstur donat yang empuk dan berserat halus, lakukan proses fermentasi tiga kali seperti yang tertulis dalam resep.
  2. Pilih singkong yang tidak terlalu tua, agar empuk dan tidak berserat.
  3. Agar lebih cepat, adonan bisa digiling setebal 1 cm dan dicetak dengan cetakan donat.
Reporter : NATTASYA
BERITA TERKAIT
Copyright @ Tabloid Sinar Tani 2018