Saturday, 06 June 2020


Pakai Sirih Merah, Nafas Lega dan Tangan Bersih Bebas Corona

27 Mar 2020, 11:12 WIBEditor : Gesha

Air rebusan sirih merah bisa menjaga kesehatan selama pandemi Corona | Sumber Foto:Istimewa

TABLOIDSINARTANI.COM, Bogor --- Hingga sekarang, Virus Corona masih sulit diberantas. Berbagai cara tradisional terus diupayakan masyarakat Indonesia untuk menghindari penyakit pernafasan akut ini. Mulai dari konsumsi rempah-rempah sampai menggunakan sirih merah.

Virus Corona memiliki ciri khas yang sedikit berbeda dari virus flu pada umumnya. Virus ini menyumbat saluran-saluran  pernafasan dengan lendir kental yang mengeras dan memblokir saluran pernafasan dan paru-paru.  Virus bisa masuk kedalam system tubuh melalui mulut, dan bertahan di tenggorokan selama 3 atau 4 hari sebelum pindah ke paru-paru.

Jadi sebelum menggunakan obat, harus terlebih dahulu membuka sumbatan saluran pernafasan, agar pengobatan dapat berfungsi maksimal. Salah satu caranya adalah dengan menggunakan sirih merah. 

Secara tradisional sirih merah banyak dimanfaatkan oleh masyarakat di Indonesia untuk Mengobati masalah di saluran pernafasan seperti penyakit asma, radang tenggorokkan, batuk, dan penyakit Bronchitis. 

Daun sirih yang banyak dikenal di Indonesia sebagai obat tradisional ialah sirih yang daunnya berwarna hijau kuning dan banyak digunakan untuk nginang oleh para lansia dengan campuran buah pinang dan kapur sirih. 

Tanaman ini memiliki banyak khasiat diantaranya : Mengobati penyakit asma, menyembuhkan radang tenggorokkan, mengobati batuk, mengobati penyakit Bronchitis, obat luka bakar ringan, mengobati demam berdarah, menyembuhkan iritasi dan juga sakit mata, melancarkan haid, mengatasi masalah keputihan, menghilangkan bau mulut, obat penyakit jantung, membersihkan kuman dari mulut, obat gusi berdarah.

Termasuk mengobati sakit gusi dan sariawan, menghilangkan bau badan, menghilangkan keringat berlebih, mengurangi produksi ASI yang berlebih, ramuan setelah melahirkan, mengobati alergi yang menimbulkan gatal-gatal, obat asam urat, mengobati diare, obat mimisan, mengobati gigi berlubang, sebagai obat maag, obat radang paru-paru. 

Selain khasiatnya untuk kesehatan, sirih juga sangat bermanfaat untuk kecantikan, seperti; Menghaluskan kulit, menghilangkan jerawat, mencegah penuaan dini, mencegah munculnya jerawat.

Sebagai tanaman asli Indonesia, sirih yang mempunyai nama latin "Piper crocatum " memiliki ciri tumbuh merambat, tanaman ini mengandung minyak asiri, seperti kadanen, kavikol, sineol, eugenol, kariofolen, karvakrol, tervinen, danses kueterpen. 

Obat Kumur dan Hand Sanitizer

Dalam mencegah virus Corona masuk ke dalam tubuh, Anda bisa menggunakan daun sirih merah ini sebagai obat kumur maupun campuran hand sanitizer.

Bagaimana caranya? Berikut ini cara pengolahan daun sirih merah untuk obat kumur yang bisa dibuat di rumah Anda.

1. Ambil Daun sirih 5 - 7 lembar

2. Cuci bersih daun sirih tadi, dan masukkan kedalam panci stanlise atau ketel yang terbuat dari tanah 

3. Tuangkan air 300 ml kedalam panci tersebut, kemudian rebus hingga mendidih.

4. Setelah mendidih, diamkan hingga air tidak begitu panas, saring dan siap diminum.

5. Bisa di tambahkan madu/gula batu , atau bisa ditambah jahe merah, agar rasanya tidak begitu getir dan pahit.

Air rebusan daun sirih dapat di minum setiap pagi dan sore. Perkembangan hasilnya dapat dirasakan dalam waktu 3-5 hari, batuk dan pilek akan berkurang. Air rebusannya juga dapat digunakan sebagi hand sanitizer yang dibuat secara sederhana.

Reporter : Cheppy Syukur
Sumber : Balittro
BERITA TERKAIT
Edisi Terakhir Sinar Tani
Copyright @ Tabloid Sinar Tani 2018