Saturday, 06 March 2021


Cantiknya Telur Marmer Ala Imlek

11 Feb 2021, 10:12 WIBEditor : Gesha

Telur pindang marmer untuk imlek | Sumber Foto:Istimewa

TABLOIDSINARTANI.COM, Jakarta --- Selain makan 3 jenis hewan air, udara dan darat, ternyata perayaan Imlek juga biasa menyajikan telur marmer yang cantik. Seperti apa?

Di masyakarat tradisional Tionghoa, telur marmer ini dinikmati di Tiongkok saat minum teh dan selama periode Tahun Baru Imlek. Telur ini juga dipercaya masyarakat Tionghoa sebagai simbol kesuburan, selain juga untuk menambah energi dan stamina. 

Makanan yang berasal dari Tiongkok ini disebut marmer karena pola marmer yang terdapat pada bagian luar putih telur rebus setelah dimasak.

Telur hanya direbus menggunakan herba tertentu sehingga memiliki rasa, aroma, dan penampilan yang khas. Terkadang telur direbus dengan campuran kayu manis, kecap asin atau lada hitam ke dalam air rebusan teh. Selain membuat telur beraroma lebih harum, rasa juga akan sedikit lebih asin. 

Anda juga bisa memasak telur ini dengan bahan lain seperti soy sauce, adas, teh hitam, kayu manis, gula, lada sichuan, dan kulit jeruk mandarin.

Cara membuat teh telur sendiri terbilang mudah, cukup masukkan telur ke dalam panci, lalu tambahkan air hingga seluruh bagian telur terendam dan rebus hingga mendidih.

Jangan lupa sebaiknya cangkang telur jangan sampai terkelupas, untuk membentuk motif garis pada telur ketika dikupas. Telur pun siap disajikan sebagai hidangan Imlek.

Anda bisa menyimpan telur di lemari es hingga 4 hari. Saat ingin menikmati telur dalam keadaan hangat, cukup panaskan telur di dalam air panas.

Reporter : Nattasya
BERITA TERKAIT
Edisi Terakhir Sinar Tani
Copyright @ Tabloid Sinar Tani 2018