Wednesday, 14 April 2021


Nasi Uduk Nyak, Rasa Bintang Lima, Harga Kaki Lima

01 Mar 2021, 08:15 WIBEditor : Yulianto

Nimatnya nasi uduk Nyak, mau mencoba? | Sumber Foto:Echa

TABLOIDSINARTANI.COM, Jakarta--Nasi uduk. Siapa yang tidak mengenal nasi uduk. Terlebih lagi bagi penduduk orang Betawi asli Kota Jakarta pasti tahu nasi uduk.

Masakan khas Betawi ini tidak jauh berbeda dengan nasi putih pada umumnya. Hal yang membedakan dengan nasi putih adalah butiran nasi uduk tidak lengket satu dengan yang lainnya. Hal ini karena proses memasaknya menggunakan air santan, daun sereh, daun salam, daun jeruk, dan beberapa bumbu rempah lainnya.

Jika kamu tinggal di Jakarta, kamu akan dengan mudahnya mendapatkan nasi uduk, terutama di pagi hari karena sering dijual sebagai menu sarapan. Nasi uduk biasanya disajikan dengan tambahan bihun, tempe orek, semur jenggkol, tahu dan bakwan goreng. Sebagai pelengkap tak lupa dengan sambal kacang yang khas.

Rasanya yang nikmat, gurih dan juga mengenyangkan membuat banyak orang menyukai masakan khas Betawi yang satu ini. Salah satu nasi Uduk yang patut dicoba adalahNasi uduk Nyak yang tiap pagi ramai dikunjungi pembeli. Lokasinya berada do di daerah Jagakarsa, Jakarta Selatan.

Pembeda dengan nasi uduk lainnya, nasi uduk Nyak hanya disajikan dengan taburan kacang goreng dan telur dadar yang dipotong memanjang. Namun memiliki cita rasa yang khas wangi daun sereh dan daun jeruk yang lebih dominan.

Walaupun nasi uduk Nyak buka hanya di dalam rumah dan masuk ke dalam gang. Tepatnya Gang Langgar 2 Jagakarsa Kelapa Tiga, tapi tak pernah sepi pembeli. Nasi yang kadang masih di masak pun rela ditunggu pembelinya dengan sabarnya. Tak ayal 9 liter perhari beras habis dimasak Nyak untuk membuat nasi uduk atau sekitar 100 bungkus.

“Nasi uduk buatan nyak ini sudah lumayan lama buka. Dibanding nasi uduk lainnya, nasi uduk nyak lah yang paling enak,” kata Imah salah satu pembeli setia Nasi Uduk Nyak.

Apalagi harganya relatif murah hanya Rp 5 ribu/bungkus. Tapi soal rasa, Imah memberikan jempol. “Rasanya nggak kalah dan nggak pernah berubah sejak 25 tahun lalu rasanya enak bintang lima,” ujarnya berpromosi.

Namun Imah mengingatkan bagi yang ingin mencoba, harus rela antri dan lebih pagi untuk membeli. “Kalau mau beli nasi uduk nyak itu suka untung-untungan, kadang pagi jam 7 saja sudah habis, karena saking enaknya,” imbuhnya.

Resep nasi uduk Nyak untuk pembaca setia Sinartani. Bahan nasi uduk :  1000 gr beras putih dan  800 ml santan. Bahan Sambal : 100 gr kacang goreng (kacang tanah),  150 ml air putih (air matang), 10 buah cabe rawit,  2 siung bawang putih, 1 buah cabe merah,  1 sdm gula pasir,  1 sdt garam dan 1 sdm ketumbar.

Bahan pelengkap nasi uduk: Sambal kacang, telur dadar (di iris), bawang (goreng), kacang (goreng), kerupuk.

Cara membuatnya :

1. Masak beras terlebih dahulu, sampai setengah matang, jangan sampai menjadi nasi. Jika sudah setengah matang, letakkan pada panci.

2. Rebus santan kelapa di panci yang lain hingga mendidih, lalu tambahkan daun sereh, daun salam, dan daun pandan, kemudian tambahkan juga ketumbar dan garam. Aduk-aduk sampai mendidih, lalu angkat dan sisihkan.

3. Masukkan santan yang telah matang tadi ke dalam panci yang berisi beras setengah matang. Santan yang di masukkan sebanyak 1 ruas jari dari atas beras, atau seperti anda memasak nasi seperti biasanya. Kemudian masak hingga air santan dalam panci habis.

4. Setelah itu, kukus nasi dan tunggu hingga benar benar matang.

5. Untuk sambal, campurkan semua bahan sambal kacang, lalu haluskan menggunakan blender sampai halus. Lalu sisihkan di tempat terpisah.

6. Sajikan nasi uduk yang telah matang dengan tambahan sambal kacang kemudian beri pelengkap seperti Telur dadar, bawang dan kacang goreng, serta kerupuk. Sajikan selagi masih hangat. 

Reporter : Echa
BERITA TERKAIT
Edisi Terakhir Sinar Tani
Copyright @ Tabloid Sinar Tani 2018