Thursday, 17 June 2021


Begini Cara Mengeringkan Bunga Telang Tanpa Oven

20 May 2021, 12:43 WIBEditor : Gesha

Menjemur bunga telang | Sumber Foto:HJ

TABLOIDSINARTANI.COM, Jakarta -- Bunga telang kini banyak dikonsumsi masyarakat dalam bentuk olahan teh. Warna yang unik, kebiru-biruan menjadikannya menarik untuk disajikan dan dinikmati. Namun jika Anda mempunyai tanaman bunga telang di pekarangan dan ingin mencoba mengeringkannya untuk menjadi teh, inilah caranya.

Dilansir dari penelitian “Penyuluhan Pembuatan Bunga Telang Kering Sebagai Seduhan Teh Kepada Anak Panti Asuhan Yatim Putra Baiti Jannati” karya Dewi Andini Kunti Mulangsri dari Fakultas Farmasi, Universitas Wahid Hasyim, dijelaskan cara mengeringkan bunga telang menggunakan oven dan sinar matahari.

Khusus untuk pengeringan tanpa oven, bunga telang hanya tinggal dihamparkan pada kertas yang bersih dan dikeringkan di bawah sinar matahari langsung tanpa perlu ditutupi apa pun. Pengeringan dimulai pukul 08.00 hingga 12.00 si Kemudian dilanjut lagi besoknya pada jam yang sama. Lama mengeringkan bunga telang dengan sinar matahari adalah dua hari.

Namun, pengeringan tidak boleh dilakukan asal-asalan. Anda perlu menatanya dengan benar satu per satu di atas alas. Bunga telang tidak boleh saling menindih satu sama lain karena nantinya tidak bisa kering sempurna, malah bisa memicu tumbuhnya jamur.

Setelah bunga telang benar-benar kering, lebih baik langsung dikemas dalam wadah kedap udara. Lebih baik lagi gunakan silica gel yang ramah makanan untuk memastikan bunga telang benar-benar kering. Pasalnya bunga telang bisa menjadi layu kembali atau tidak kering lagi jika disimpan terlalu lama dalam suhu ruang.

Reporter : NATTASYA
BERITA TERKAIT
Edisi Terakhir Sinar Tani
Copyright @ Tabloid Sinar Tani 2018