Senin, 04 Maret 2024


Kenali dan Jangan Abaikan Gejala Diabetes, Apa saja?

19 Jun 2021, 11:33 WIBEditor : Yulianto

Ukur kadar gula darah, jangan abaikan gejala diabetes | Sumber Foto:Alo Dokter

TABLOIDSINARTANI.COM, Jakarta--- Banyak masyarakat ternyata yang tidak paham dalam mengontrol dan mengendalikan diabetes melitus (DM). Akibatnya membawa mereka kepada keluhan lain.

Keluhan tersembunyi inilah yang menjadi bom waktu dan suatu saat akan meledak menjadi berbagai penyakit seperti gagal ginjal, glaucoma, dan gangguan jantung. Salah satu hal penting yang perlu dilakukan bagi penderita penyakit apa saja, termasuk DM adalah mendeteksi gejalanya.

Ada banyak gejala diabetes yang bisa terjadi dan tidak semua orang mengalami gejala yang sama. Seperti diketahui, gula darah dibutuhkan tubuh sebagai sumber energi.  Namun gangguan produksi insulin menyebabkan gula darah mengendap dalam tubuh dan tidak bisa diubah menjadi energi.

Hal itulah yang menyebabkan munculnya berbagai macam masalah kesehatan. Jika Anda mengalami gejala-gejala ini, jangan ragu untuk segera konsultasi dengan dokter. Menunda jadwal konsultasi justru bisa memperparah kondisi Anda sendiri. Namun kita juga perlu mengetahui gejalanya. Apa saja?

Rasa Lapar Meningkat

Mengutip dari Health Shots (healthshots.com), rasa lapar dapat meningkat saat menderita penyakit diabetes. Gangguan produksi insulin mengakibatkan gula darah tak dapat diserap sel secara maksimal. Padahal, sel membutuhkan gula darah untuk menghasilkan energi.

Kebutuhan sel yang tidak terpenuhi membuat tubuh Anda merasa lapar terus-menerus. Selain itu, umumnya Anda menjadi merasa mudah lelah dan tidak berenergi. Jika Anda mengalami gejala ini dalam jangka waktu yang lama, tak ada salahnya untuk memeriksakan diri ke dokter.

BACA JUGA:

Bagi-Penderita-Diabet-Kontrol-Gula-Darah-dengan-Daun-Insulin

Membuat-Tempe-dari-Dapur-Sendiri

Buang Air Kecil Meningkat

Tidak hanya rasa lapar, keinginan untuk buang air kecil pun dapat meningkat karena penyakit diabetes. Pada kondisi tubuh yang normal, gula darah akan diserap lagi saat berada di ginjal. Sayangnya, jumlah gula darah yang terlalu banyak tak mampu diserap ginjal secara maksimal.

Mulut Kering

Gejala diabetes berikutnya adalah mulut kering. Hal itu masih berkaitan dengan poin sebelumnya. Anda menjadi lebih mudah haus dan mulut menjadi kering. Akibatnya, Anda mungkin akan kesulitan untuk menelan makanan atau minuman.

Pandangan yang mengabur jadi gejala diabetes lainnya yang tidak boleh Anda abaikan. Kurangnya cairan dalam tubuh berpengaruh pada kondisi mata Anda sehingga pandangan yang mengabur pun Anda alami. Hal itu dapat mengakibatkan Anda sulit berkonsentrasi dalam melakukan kegiatan.

Luka Sembuh Lebih Lambat

Health Shots mengatakan bahwa diabetes biasanya ditandai dengan luka yang sembuh lebih lama daripada biasanya. Jumlah gula darah dalam tubuh yang tidak terkontrol mengganggu aliran darah dan sistem saraf. Akibatnya, tubuh menjadi kesulitan untuk menyembuhkan luka.

Reporter : Echa
BERITA TERKAIT
Edisi Terakhir Sinar Tani
Copyright @ Tabloid Sinar Tani 2018