Kamis, 30 Mei 2024


Telang Putih, Khasiatnya Tak Kalah dengan si Biru

30 Jun 2021, 14:04 WIBEditor : Yulianto

Telang putih, khasiat herbalnya tak kalah dengan telang biru | Sumber Foto:Dok. Rizky

TABLOIDSINARTANI.COM, Jakarta---Kembang telang putih merupakan salah satu jenis tanaman merambat yang banyak di jumpai di hutan maupun di pekarangan rumah yang biasanya digunakan sebagai tanaman hias. Ternyata bunga ini dapat dimanfaatkan untuk berragam keperluan seperti pewarna makanan, kue maupun sebagai bahan dasar pembuatan minum.

Bunga ini memiliki variasi warna seperti biru terang, pink, dan warna ungu. Selain itu, bunga ini memiliki kandungan senyawa yang baik di konsumsi sebagai kesehatan tubuh seperti, flavanoid, ca-oksalat, sulfur, saponin, fenol, alkaloid, dan juga banyak yang lainya.

Adalah Rizky Ramdhani yang membudidayakan bunga telang putih untuk dijual melalui media sosial. “Saya membudidayakan dan menjualnya melalui Facebook dan WA. Peminatnya ada saja, karena tahu banyak manfaatnya,” ujarnya.

Biasanya bunga telang itu warna ungu/biru, tapi ada yang warnanya putih yang juga bisa menjadi bahan olahan makanan dan minuman juga. Sebelumnya Rizky tidak percaya ada bunga telang warna putih, namun ketika seorang temen memberitahu akhirnya dirinya baru mengetahui.

Kebetulan dulu saya ikut grup barter tanaman dan posting terkait telang biru, lalu teman di grup bilang ada yang warnanya putih, saya langsung barter saja benih/biji bunga telang putih dengan bunga lainnya,” tuturnya.

Saat benih bunga telang ditanam ternyata benar yang tumbuh telang putih sampai sekarang berbiji banyak. Saat ini Rizky mengembangkan untuk koleksi tanaman berbunga herbal hingga kini sudah 2 tahun mmebudidayakan.

“Saat ini saya baru coba pakai untuk teh. Hanya saja beda seperti telang ungu, telang putih jika diseduh warnanya cenderung bening seperti air putih,” ungkapnya pada Sinartani. Rizky pun mengakui, manfaat minum telang putih membuat badan terasa lebih enak. Karena itu ia menjamin, teh bunga telang putih aman untuk dikonsumsi.

Untuk benih sendiri, Rizky saat ini tinggal mengambil biji dari benih segar yang baru panen, lalu disemai di tanah lalu, kemudian tutup dengan tanah. Namun ia mengingatakan, jangan terlalu dalam. “Bunga telang putih ini lebih cocok di tanaman di tempat panas, karena bunga lebih banyak muncul dibanding tempat teduh,” katanya.

Rizky mengatakan, telang putih baru dipasarkan benih dan tanamannya. Ia menjual per sachet isi 10 biji. Untuk harganya Rp. 10.000 melalui online dan offline. “Lumayanlah beberapa bunga saya tanam untuk herbal seperti stevia, mint, rosemary, jahe merah, kunyit hitam dan lain-lain, tambahnya.

Menurut Rizky, pemesan banyak dari daerah Jawa. Namun beberapa kali dirinya juga mengirim ke Sumatera, Kalimantan, bahkan NTB.  Bagi yang ingin membeli benih bunga telang putih bisa menghubungi Rizky Ramadhan di WA 08813028915.

Rizky berharap bisa menebar banyak manfaat dengan banyak herbal yang dikoleksi dan budidayakan. “Saya juga berharap kita sebagai anak muda lebih bangga terhadap pertanian, karena pertanian merupakan sektor penting dan menghasilkan serta menebar banyak manfaat, karna dibutuhkan setiap hari oleh masyarakat,” ujarnya.

Manfaat herbal apa saja bunga telang putih itu? Baca halaman selanjutnya

 

Reporter : Echa
BERITA TERKAIT
Edisi Terakhir Sinar Tani
Copyright @ Tabloid Sinar Tani 2018