Tuesday, 03 August 2021


Cara Hilangkan Rasa Gatal saat Makan Talas

22 Jul 2021, 07:33 WIBEditor : Gesha

Talas perlu dipotong dan dicuci sebelum diolah | Sumber Foto:Istimewa

TABLOIDSINARTANI.COM, Bogor -- Rasa gatal dan enggak enak di tenggorokan kerap muncul jika mengkonsumsi talas-talasan. Padahal ada cara mudah untuk menghilangkan rasa gatal ini loh. 

"Getah pada talas yang disebut kalsium oksalat menimbulkan efek gatal pada kulit, maupun mulut, " ungkap Kepala Departemen Agronomi dan Hortikultura Fakultas Pertanian IPB, Prof Edi Santosa dalam acara FGD bertema “Talas Tak Hanya Bogor” yang diselenggarakan Tabloid Sinar Tani, Rabu (21/07). 

Ada beberapa cara yang bisa dilakukan untuk menghilangkan rasa gatalnya. Mulai dari melumuri talas yang sudah dikupas dan dipotong-potong dengan garam, bisa juga menggunakan sedikit air dan rendam dalam air garam paling tidak 30 menit, lebih baik lagi jika dilakukan selama satu jam.

Cara lainnya adalah dengan menjemurnya dalam keadaan utuh dan belum dikupas maupun dipotong. Jemur talas di terik matahari untuk menghilangkan getahnya. Kandungan kalsium oksalat akan memudar atau menguap terkena panas.

Setelah dijemur maupun dilumuri garam, pastikan mengolah talas hingga matang, entah menggunakan cara dikukus, dipanggang atau digoreng, pastikan matang sempurna untuk menghilangkan getahnya.

Reporter : Nattasya
BERITA TERKAIT
Edisi Terakhir Sinar Tani
Copyright @ Tabloid Sinar Tani 2018