Thursday, 23 September 2021


Aplikasikan Ilmu Kelas Berkebun, Kader PKK Jakarta Panen Bersama

07 Sep 2021, 07:59 WIBEditor : Gesha

Kepala Dinas KPKP, Suharini Eliawati | Sumber Foto:Istimewa

 

TABLOIDSINARTANI.COM, Jakarta ---Menggerakkan partisipasi masyarakat untuk ikut Urban Farming diperlukan inovasi, apalagi masih waspada pandemi. Kelas Berkebun yang dimulai pada awal Juni berbuah hasil panen bersama se-DKI Jakarta.

Masih dalam suasana peringatan HUT RI ke -76 , Tim Penggerak PKK Provinsi DKI Jakarta berkolaborasi dengan Dinas Ketahanan Pangan, Kelautan, dan Pertanian (KPKP) DKI Jakarta, Dinas Lingkungan Hidup, Dinas Pemberdayaan, Perlindungan Anak, dan Pengendalian Penduduk (PPAP), Dinas Komunikasi, Informasi, dan Statistik (Kominfotik) melaksanakan panen bersama secara online Jumat (20/8).

Peserta memanen aneka sayuran dari lingkungan masing-masing, sebagai kelanjutan program Kelas Berkebun yang diawali pada Juni belum lama ini.

“Panen bersama ini hasil dari benih yang kita tanam dua bulan yang lalu. Prosesnya tidak mudah, memerlukan kesabaran, ketekunan, dan ketelatenan sehingga berhasil panen untuk memenuhi kebutuhan keluarga. Pelajaran berharga bagi kita adalah menghargai pangan yang kita miliki agar tidak terbuang sia-sia. Kita harus menghargai orang yang menanam bahan pangan untuk kita. Semoga hal ini menjadikan kita sebagai orang yang bersyukur,” kata Ketua TP PKK Provinsi DKI Jakarta, Fery Farhati.

Baca Juga :

Kelas Berkebun, Tingkatkan Keterampilan dan Kreatifitas Urban Farming Warga Jakarta

Lanjutkan Kelas Berkebun, PKK Lakukan Aksi Tanam Sayuran Serentak

Kelola Sampah Urban Farming dengan Bijak

Fery berharap kegiatan ini mampu memberikan edukasi kepada generasi muda, melestarikan lingkungan, dan mengurangi dampak perubahan iklim.

Wakil Gubernur DKI Jakarta, Ahmad Riza Patria juga ikut panen bersama Wakil Ketua TP PKK, Ellisa Sumarlin.“Selamat panen kepada ibu-ibu PKK, manfaatkan lahan yang ada, waktu yang ada, kembangkan inovasi dan kreasi semoga bermanfaat bagi keluarga, dan hobi tersalurkan,” kata Wagub Ariza.

Ellisa menambahkan, dirinya menanam bayam merah, baby kailan, sawi, kangkung, bayam hijau. Tanaman tersebut tumbuh subur dan segar. "Ini kegiatan yang sangat baik, perlu dipromosikan, disosialisasikan, lebih maksimal sehingga menjadi gerakan yang massif yang bermanfaat,” kata Ellisa Sumarlin.

Tak hanya itu, Kepala Dinas KPKP, Suharini Eliawati mengapresiasi hasil panen ini, salah satunya adalah labu air seberat 21 kg dari Pulau Pari Kepulauan Seribu. "Sesuai arahan Bapak Gubernur kita harus membangun dengan berkeadilan. Terimakasih ibu Bupati Kepulauan Seribu dan jajarannya sehingga berhasil panen. Hasil panen hari ini akan kami berikan kepada para tenaga kesehatan (nakes), " tuturnya. 

Setidaknya ada buah-buahan seberat 250 kg, sayuran 100 kg, ditambah sumbangan cumi-cumi dari nelayan seberat 50 kg untuk tenaga kesehatan. "Sukses tidak bisa sendiri melainkan bersama-sama. Bersama ibu-ibu yang hebat kita mampu memberikan sesuatu untuk DKI Jakarta, " tambah Suharini. 

Kepala Bidang Peran Serta Masyarakat, Dinas Lingkungan Hidup, Agung menambahkan Kegiatan Kelas Berkebun ini sejalan dengan Proklim, dengan meningkatkan partisipasi masyarakat meminimalisasi dampak perubahan iklim dan efek rumah kaca. "Panen bersama kami melibatkan perwakilan Kampung Proklim.Kami juga mengelola sampah untuk bahan pakan maggot. Kami panen kangkung, bayam, jagung, tomat, buncis, dan kacang panjang, “ kata Agung. 

Antusiasme para kader PKK juga terlihat dari tayangan kegiatan panen yang dilaporkan oleh Ketua Tim PKK masing-masing wilayah yaitu Jakarta Pusat, Jakarta Utara, Jakarta Barat, Jakarta Timur, Jakarta Selatan, dan Kepulauan Seribu.

Hasil panen berupa sayuran bayam, kangkung, tomat, cabai, melon, terong, okra, semangka, singkong, lidah buaya, dan lain-lainnya. Pertanaman dilakukan di lahan dan secara teknik hidroponik.

Peserta panen berasal dari kelompok Kelas Berkebun, Kelompok Tani, RPTRA, Karang Taruna, Gang Hijau, Kampung Proklim,  dan masih banyak lagi komunitas.

 

 

 

Reporter : Indri
BERITA TERKAIT
Edisi Terakhir Sinar Tani
Copyright @ Tabloid Sinar Tani 2018