Wednesday, 01 December 2021


Ramuan Mimba untuk Obati Kencing Manis

30 Oct 2021, 06:10 WIBEditor : Yulianto

Tanaman mimba | Sumber Foto:Soleman

TABLOIDSINARTANI.COM, Malang---Bagi Anda yang mempunyai penyakit kencing manis, ternyata daun mimba bisa menurunkan kadar penyakit kencing manis. Bagaimana cara membuat ramuannya?

Sediakan 7 helai daun mimba, 1 sendok makan madu dan 3 gelas air. Kemudian cuci bersih daun mimba lalu rebus dengan 3 gelas air hingga tersisa 1 gelas, air rebusan berwarna kuning kehijauan. Saring dan tambahkan 1 sendok makan madu, minum 3 kali sehari masing-masing 1 jam sebelum makan.

Jika Anda belum mengenal dan seperti apa tanaman mimba ini? Para ahli taksonomi menggolongkan tanaman ini ke dalam famili Meliaceae. Ciri-ciri dari tanaman ini adalah pohon dengan tinggi 10-15 m. Batang tegak, berkayu, bulat, permukaan kasar, percabangan simpodial dan berwarna coklat.

Daun majemuk, berhadapan, lonjong, melengkung, tepi bergerigi, ujung lancip, pangkal meruncing,, pertulangan menyirip panjang 5-7 cm, lebar 3-4 cm, tangkai panjang 8-20 cm dan berwarna hijau. Bunga majemuk, berkelamin dua, di ujung cabang, tangkai silindris, panjang 8-15 cm, kelopak hijau, benang sari silindris, putih kekuningan, putih lonjong, coklat muda, mahkota halus, putih. Buah buni, bulat telur dan berwarna hijau. Biji bulat diameter 1 cm, dan berwarna putih. Akar tunggang dan berwarna coklat.

Kandungan Kimia

Biji tanaman mimba mengandung azadirachtin, azadiron, azadiradione, alkaloid. Metabolit yang ditemukan dalam ekstrak ranting segar yang larut dalam diklorometana antara lain desasetil nimbinolid. Kulit batang dan kulit akar mengandung nimbin, margosin. Hasil hidrolisis ekstrak bunga ditemukan kuersetin, kaefenol dan sedikit mirisetin.

Dari bagian kayu ditemukan nimaton 15 persen zat samak terkondensasi. Buah mengandung alkaloid (azaridin). Daun mengandung paraisin, suatu alkaloid dan komponen minyak atsiri mengandung senyawa sulfida, terdapat senyawa 17-epiazadiradion.

Ternyata daun juga bisa mengobati demam, malaria, kencing manis, pegal linu, ulkus lambung dan cacingan. Minyak biji mimba untuk: penyakit kulit seperti psoriasis, eksim, lepra/kusta, wasir, kutu kepala, dan penyubur rambut.

Kulit kayu untuk: malaria, TB paru, kencing manis, radang sendi, pegal linu, wasir, kegemukan atau obesitas dan tumor.  Ranting mimba digunakan untuk membersihkan gigi, radang gusi, memperkuat gusi dan mencegah bau mulut.

Efek Farmakologis

Pengujian terhadap kelinci menunjukkan bahwa ekstrak mimba memberikan efek penurunan gula darah pada kelinci yang dibuat kondisinya menjadi diabetes. Ekstrak daun mimba mampu menurunkan gula darah secara bermakna pada mencit yang dibuat diabetes.

Selain itu juga dapat menurunkan gula darah mencit normal. Ekstrak daun mimba kering sebanyak 200-300 mg yang diminum 2 kali sehari dapat menurunkan nyeri pada persendian atau rematik. Mimba jangan diberikan kepada bayi, anak-anak, orang lanjut usia atau sedikit sakit berat.

 

Reporter : Soleman
BERITA TERKAIT
Edisi Terakhir Sinar Tani
Copyright @ Tabloid Sinar Tani 2018