Monday, 06 December 2021


Dinas Pangan Aceh Gelar Lomba Cipta Menu (LCM) beragam, Bergizi, seimbang dan Aman (B2SA)

15 Nov 2021, 12:11 WIBEditor : Gesha

Kadis Pangan Aceh didampingi Kabid foto bersama dengan para pemenang. | Sumber Foto:Panitia Lomba

TABLOIDSINARTANI.COM, Banda Aceh --- Dinas Pangan Aceh menyelenggarakan Lomba Cipta Menu B2SA (Beragam, Bergizi Seimbang dan Aman) tingkat Provinsi Aceh. Kegiatan LCM B2SA merupakan agenda tahunan kerjasama Dinas Pangan Aceh dengan TP-PKK Aceh yang dilaksanakan dalam rangka mempersiapkan dan menyeleksi peserta yang akan diikutsertakan mewakili Provinsi Aceh pada ajang Lomba Cipta Menu B2SA di Tingkat Nasional.

"Lomba ini bertujuan untuk meningkatkan dan mempertahankan kualitas konsumsi pangan masyarakat agar dapat hidup sehat, cerdas dan produktif,  memberdayakan potensi pangan lokal sekaligus dapat memberikan nilai tambah bagi pendapatan keluarga," ungkap Kepala Dinas Pangan Aceh, Cut Yusminar.

Sehingga, Lomba Cipta Menu (LCM) ini bukan hanya sekedar lomba masak, tetapi bagaimana mengajak semua pihak, khususnya ibu-ibu rumah tangga untuk mencintai potensi pangan lokal, berkreasi untuk  menyusun, menciptakan dan menyajikan menu dari aneka bahan pangan yang ada di sekitar rumah/ pekarangan yang memenuhi kualitas nilai gizi sesuai dengan standar kesehatan dan mempunyai keseimbangan antara karbohidrat, protein, vitamin dan mineral.

"Ini sangat penting untuk menciptakan generasi yang cerdas, aktif fan produktif. Apalagi mengingat pandemi belum berakhir sehingga immunitas tubuh dengan pangan sehat dapat terjaga," tuturnya. Karenanya, kegiatan Lomba Cipta Menu yang diikuti oleh 20 Kab/Kota selama sehari ini dapat membawa manfaat nantinya. 

Sementara itu, Kabid Konsumsi Pangan, M. Fadhil, SP di sela-sela kegiatan mengatakan, bahwa pihaknya melaksanakan kegiatan ini melalui sebuah proses pendampingan dan pembinaan bersama Dinas terkait mulai di tingkat Kabupaten/ Kota secara berjenjang. “Jadi, even ini kita laksanakan melalui tahapan-tahapan sehingga hasilnya diharapkan akan berdampak secara nyata bagi masyarakat baik pengolahan maupun pola konsumsi pangan mnegikuti pola pangan harapan (PPH)," tambahnya.

Pada tahun 2020 kegiatan ini  sempat ditiadakan karena pandemi covid 19. Para pemenang lomba cipta menu B2SA tingkat Provinsi tahun 2019 yang lalu masing- masing adalah; juara I Kota Banda Aceh, juara II Kota Langsa, Juara III Kabupaten Bireuen, Harapan I Kabupaten Aceh Besar, Harapan II Aceh Barat dan Harapan III Kota Lhokseumawe. Diharapkan bila pandemi covid 19 ini berakhir akan dinormalkan kembali kegiatan ini secara tahunan baik di tingkat daerah maupun nasional. 

Di tahun 2021 ini, kegiatan lomba bisa dihadiri seluruh kabupaten/kota se-Aceh, kecuali yang berhalangan hadir yakni kabupaten Aceh Singkil, Aceh Timur dan Pidie. 

Sementara peraih juara untuk tahun 2021 sebagai berikut, juara harapan kabupaten Simeulu dengan nilai 81,8 juara ke lll 82,6 dari Aceh Utara, sedangkan juara ll dengan nilai 83,8 Aceh Tamiang serta Juara l 85 dari kabupaten Aceh Selatan.

Reporter : AbdA
BERITA TERKAIT
Edisi Terakhir Sinar Tani
Copyright @ Tabloid Sinar Tani 2018