Saturday, 29 January 2022


Belajar Urban Farming di Jakarta? Dinas KPKP Sediakan Bibit Gratis

13 Jan 2022, 11:24 WIBEditor : Gesha

Dapatkan bibit gratis di kebun bibit yang dikelola Dinas KPKP | Sumber Foto:Istimewa

TABLOIDSINARTANI.COM, Jakarta --- Dinas Ketahanan Pangan, Kelautan dan Pertanian (Dinas KPKP) DKI Jakarta turut menyiapkan kebun-kebun bibit yang dikelola UPT Pusat Pengembangan Benih dan Proteksi Tanaman dalam upaya mendukung kegiatan urban farming di Jakarta. 

"Melalui kebun-kebun bibit ini, Dinas KPKP DKI Jakarta memberikan bibit tanaman secara gratis kepada masyarakat atau penggiat urban farming yang membutuhkannya," sebut Kepala Dinas KPKP DKI Jakarta, Ir. Suharini Eliawati, M.Si dalam dalam Webinar "Urban Farming di tengah Perubahan Iklim" yang digelar TABLOID SINAR TANI, Rabu (12/01). 

Ada 14 kebun bibit yang tersebar di Provinsi DKI Jakarta yang siap mendukung pelaksanaan urban farming. Mulai dari Kebun Bibit Kamal Muara (Jakarta Utara), Kebun Bibit Cengkareng, Kebun Bibit Sukapura (Cilincing, Marunda, Cilincing, Jakarta Utara), Kebun Bibit Ujung Menteng (Cakung Jakarta Timur.) Kebun Bibit Sawah Abadi (Cakung Jakarta Timur), Kebun Bibit Condet (Condet Jakarta Timur), Kebun Bibit Ragunan (Pasar Minggu, Jakarta Selatan), Kebun Bibit Lebak Bulus (Cilandak Jakarta Selatan), Kebun Bibit Kelapa Dua Wetan (Kelapa Dua Wetan Jakarta Timur), Kebun Tanaman Obat Keluarga (Toga) Munjul Jakarta Timur (Cipayung, Jakarta Timur), hingga Kebun Bibit Cibubur (Cibubur, Ciracas Jakarta Timur). “Untuk kebutuhan maksimal 2 pohon, masyarakat bisa datang langsung ke lokasi kebun bibit dengan membawa fotocopy KTP atau KK," tambahnya. 

Namun untuk keperluan beberapa rumah warga dengan jumlah kurang dari 10 pohon, maka masyarakat datang langsung ke kantor UPT Pusat Pengembangan Benih dan Proteksi Tanaman (P2BPT) di Ragunan Jakarta Selatan. "Bila lebih dari 10 pohon, harus mengajukan surat permohonan kepada Kepala Dinas KPKP yang nantinya kami akan melihat kesesuaian antara kebutuhan bibit dengan luasan lahan pertanaman,”tambahnya.

Pada masa pandemi Covid-19 ini Dinas KPKP juga tetap membuka pelayanan bibit tanaman gratis bagi warga Jakarta secara online dengan mengakses website SiPetani DKI melalui https://openstreetmap.id/dkpkp/ . “Kita kerjasama platform transportasi untuk mengantarkan bibit kepada masyarakat. Sehingga masyarakat hanya tinggal akses melalui website. Kalau lebih dari 10 batang bisa dikoordinir oleh Ketua RT maupun RW,” tuturnya.

Selain pelayanan bibit gratis, Dinas KPKP DKI Jakarta juga membuka layanan klinik tanaman dalam website SiPetani DKI. Masyarakat hanya tinggal mencari kolom KLINIK TANAMAN dan mengisi data pada form yang disediakan. Pada akhir form, tertera nomor Whatsapp Petugas OPT untuk berkonsultasi.

“Masyarakat tinggal berkonsultasi tentang hama dan penyakit tanamannya. Petugas OPT (POPT) akan memberikan rekomendasi pengendalian. Apabila diperlukan rekomendasi lanjutan, sampel tanaman bisa dikirim ke klinik tanaman. Lamanya proses identifikasi tergantung tingkat kesulitannya,” jelas Elly.

Jadi tunggu apalagi Warga Jakarta, Yuk Ber-urban Farming !

Reporter : Nattasya
Edisi Terakhir Sinar Tani
Copyright @ Tabloid Sinar Tani 2018