Selasa, 26 Maret 2019


Suntikkan Virus Urban Farming pada Usia Dini

17 Peb 2019, 19:59 WIBEditor : Gesha

BPP Dusun Timur memperlihatkan cara hidroponik kepada SDN 03 Tamiang Layang | Sumber Foto:Lukman

 

TABLOIDSINARTANI.COM, Barito Timur --- Ada hal unik yang dilakukan Balai Penyuluhan Pertanian (BPP) Dusun Timur, Barito Timur, Kalimantan Tengah. Para penyuluh semangat menyebarkan virus urban farming kepada usia dini.

Dengan menggaet guru-guru di SD Negeri 03 Tamiang Layang, Barito Timur, Kalteng, penyuluh memperkenalkan salah satu metode #urbanFARMING yaitu sistem tanam hidroponik.

Bahkan, sekolah tersebut juga menerapkan program hidroponik kepada seluruh warga sekolah dalam rangka menanamkan pendidikan karakter yang dicanangkan oleh pemerintah.

"SD Negeri 03 Tamiang Layang, Barito Timur, Kalteng ditunjuk oleh Kabupaten Barito timur Kalteng  menjadi pelopor sekolah hidroponik dan merupakan sekolah berbasis Adiwiyata," tutur Kepala Sekolah SD Negeri 03 Tamiang Layang, Siono.

Bahkan program hidroponik SD Negeri 03 Tamiang Layang diharapkan mampu dapat meningkatkan karakter siswa terutama peduli lingkungan. Sudah satu bulan lamanya siswa-siswi dari kelas III, IV dan V yang melaksanakan program hidroponik ini.

Penyuluh sekaligus koordinator BPP Dusun Timur, Lukman menuturkan setidaknya ada beberapa langkah dalam bercocok tanam hidroponik yang diterapkan oleh anak-anak. "Mulai dari tahap persiapan, persemaian dan pembibitan, penanaman, pemeliharaan, dan tahap pemanenan," bebernya.

Bahkan Lukman mengapresiasi program SD Negeri 03 Tamiang Layang sebagai bagian peningkatan karakter siswa.

"Kita dapat menanamkan karakter seperti peduli lingkungan, peduli sosial, disiplin, mandiri, kreatif, kerjasama, rasa ingin tahu, dan tanggung jawab melalui setiap langkah yang ada pada program hidroponik itu. Guru juga dapat menanamkan karakter lain yang bisa dikembangkan sendiri oleh sekolah," tutur Lukman.

Lukman melanjutkan bahwa program hidroponik ini bisa dikatakan menjadi penguat pendidikan karakter di sekolah khususnya sekolah dasar.

"Anak selain tertanam karakter yang baik, mereka secara tidak langsung telah melindungi lingkungan sekitar dan menumbuhkan rasa cinta terhadap lingkungan," paparnya.

Reporter : Lukman/Lely
Copyright @ Tabloid Sinar Tani 2018