Selasa, 23 April 2019


Kreatif Euy, Ubah Susu Reject Jadi Gantungan Kunci Lucu !

05 Apr 2019, 18:17 WIBEditor : Gesha

Siapa sangka dari susu reject bisa diolah gantungan kunci unik? | Sumber Foto:SEURI.BOGOR

Wa Ode mengamati selama ini gantungan kunci yang beredar terbuat dari plastik dan seringkali tidak awet.

 

TABLOIDSINARTANI.COM, Bogor --- Hasil susu perahan peternak sapi ternyata tidak semua bisa diterima pabrikan. Ada kalanya mereka harus membuang susu reject tersebut. Tapi di tangan kreatif mahasiswa Institut Pertanian Bogor (IPB), susu ini bisa diubah jadi gantungan kunci lucu !

"Padahal, susu tolak masih memiliki kandungan protein (kasein) yang bisa diolah menjadi produk yang bernilai jual tinggi dan berdaya saing. Tapi harus berbeda dari yang sudah ada," tutur sang kreator konsep unik ini, Wa Ode Nuzulurrahmah Sulaiman.

Akhirnya muncullah ide ketika Wa Ode, dan Raden Ajeng Faadhila Ramadhanti Mustikadewi dari Sekolah Bisnis IPB serta Ghina Sa’arah Nibras dari Departemen Ilmu Ekonomi IPB, melihat video percobaan kimia sederhana untuk anak-anak di Youtube.

Dalam video tersebut, anak tersebut tampak menggumpalkan kasein susu dan kemudian membentuknya menjadi batu atau sesuatu yang berbentuk bulat.

 

“Kemudian saya terpikirkan bagaimana kalau teknik yang sama dipakai untuk output yang lebih layak, tidak sekedar asal bentuk. Tapi berupa souvenir seperti gantungan kunci," bebernya.

Wa Ode mengamati selama ini gantungan kunci yang beredar terbuat dari karet dan seringkali tidak awet. "Kita arahnya membuat souvenir khas Bogor dengan icon-icon Bogor seperti rusa, kebun raya bahkan angkot," tuturnya.

Menariknya, karakter didesain dengan pilihan warna yang lucu dan menggemaskan serta dapat mengikuti selera dan tren konsumen.

Produk suvenir ini Wa Ode dan rekan-rekan namakan Seuri. Seuri sendiri dalam bahasa Sunda artinya 'tertawa' yang diharapkan dapat membuat para konsumen bahagia dan puas setelah membeli produk ini.

Tak hanya gantungan kunci, Wa Ode juga membuat magnet kulkas dan plakat. Sehingga dengan adanya souvenir ini, membuat Bogor semakin tersenyum dengan segala kreativitas warganya. 

Reporter : Nattasya
Copyright @ Tabloid Sinar Tani 2018