Senin, 26 Agustus 2019


Cara Mudah Memberi Nilai Tambah Pisang

09 Apr 2019, 12:10 WIBEditor : Yul

Pisang yang sudah siap untuk diolah.

Pisang dapat diolah menjadi berbagai macam makanan. Keripik pisang gulung, saos cabai, selai cokelat pisang dan sari buah pisang.

TABLOIDSINARTANI.COM, JAKARTA -- Pisang merupakan tanaman yang tumbuh subur di daerah beriklim tropis. Tanpa dibudidayakan sedemikian rupa, pohonnya dapat berbuah banyak. Terkadang kita bosan mengkonsumsi dalam bentuk segar. Agar merasakan sensasi rasa pisang tidak dari biasanya, mengolahnya menjadi jalan keluarnya.

Berdasarkan keterangan dari Penyuluh Pertanian BPTP Kalimantan Barat, Sari Nurita, pisang dapat diolah menjadi berbagai macam makanan. Keripik pisang gulung, saos cabai, selai cokelat pisang dan sari buah pisang. Dengan mengolahnya dapat memberikan nilai tambah dan pisang jadi tahan lama untuk dikonsumsi dalam jangka waktu yang lama.

Keripik Pisang Gulung

Biasanya yang olahan pisang yang kita temukan bentuknya tipis-tipis. Tapi untuk menjadikan keripik pisang lain dari biasanya adalah keripik pisang gulung. Jadi bentuknya bergulung-gulung.

Untuk membuatnya, pilihlah pisang yang masih mengkal, lalu diamkan semalaman agar nanti digulungnya mudah. Setelah didiamkan, kupas kulitnya dan dipotong tipis-tipis dengan menggunakan pisau. Panaskan minyak, kemudian irisan pisang tadi digulung dengan menggunakan tusuk gigi dan cemplungkan ke minyak panas. Diaduk secara perlahan-lahan agar gulungan tidak pecah. Sebaiknya digoreng dua kali.

Pertama kali goreng setengah matang, lalu lepas tusuk giginya dan digoreng kembali sampai matang (kering). Setelah itu, angkat dan tiriskan. Apabila ingin ada rasa berbeda, dapat ditambah serbuk perasa cokelat atau keju. Simpan keripik dalam wadah yang tertutup rapat agar tidak mudah melempam.

Pisang juga dapat dijadikan campuran pembuatan saus cabai. Bahan yang diperlukan adalah pisang mengkal 250 gram, cabai merah 250 gram, air 500 cc, gula pasir 400 gram, garam 50 gram, bawang putih 5 siung, dan cuka secukupnya.

Kupas pisang, lalu bersihkan. Setelah itu, kukus bersama cabai merah dan bawang putih selama 10 menit. Haluskan dengan menggunakan blender. Lalu masak hingga mendidih dan tambahkan cuka. Aduk hingga rata. Setelah dingin, masukan ke dalam botol dan tutup rapat.

Selai Cokelat Pisang

Pisang yang digunakan adalah pisang yang matang. Bahan-bahannya adalah pisang 250 gram, gula pasir 125 gram, cokelat bubuk 25 gram dan kental manis 50 gram.

Kukus pisang selama 10 menit, lalu haluskan dengan menggunakan blender. Campurkan gula, cokelat bubuk dan kental manis, aduk-aduk sampai rata dan masak hingga mendidih (mengental). Setelah itu, angkat dan dinginkan. Masukan toples, tutup rapat.

Tidak hanya makanan, buah pisang pun dapat dijadikan minuman. Pisang yang digunakan sebaiknya pisang yang matang agar nanti rasanya tidak sepat. Bahan-bahan yang diperlukan adalah buah pisang 250 gram, gula pasir 100-125 gram, asma sitrat 1 gram dan air panas 1 liter.

Kupas kulitnya, lalu cuci sampai bersih. Setelah itu, kukus pisang selama 10 menit. Dinginkan, lalu hancurkan menjadi bubur (menggunakan blender). Tambahkan air panas, lalu aduk sampai merata. Saring dan tambahkan gula pasir dan asam sitrat. Diamkan hingga dingin, lalu masukan ke dalam botol.

 

Reporter : Sari Nurita
BERITA TERKAIT
Copyright @ Tabloid Sinar Tani 2018