Kamis, 23 Mei 2019


Cekrak-Cekrek Centhyl di Museum Pertanian

23 Apr 2019, 15:09 WIBEditor : Gesha

Menteri Amran Sulaiman melakukan foto sesi di Museum Pertanian menggunakan baju dan sepeda onthel | Sumber Foto:NATTASYA

Meskipun tampilannya kuno, tetapi isi dari museum tersebut tidak pula kuno lho. Banyak sejarah peradaban pertanian Indonesia yang ditampikan justru bisa jadi pembelajaran yang fun dan membuat pengunjung menjadi terkenang.

 

TABLOIDSINARTANI.COM, Bogor --- Tahu kan kalau Museum Pertanian sudah dibuka?Gak cuma bisa belajar pertanian, disana juga bisa eksis lho dengan cekrak-cekrek centhyl di beberapa pojok instagramable disana. 

Berlokasi di JI. Ir. H. Juanda no.98, Bogor, Museum Pertanian bisa menjadi lokasi wisata yang menyenangkan selain Kebun Raya Bogor dan Museum Zoologi yang memang sudah terkenal secara nasional.

Bagaimana tidak, gedung berarsitektur kolonial Belanda nan megah ini langsung terlihat dari jalan protokol Bogor. 

Meskipun tampilannya kuno, tetapi isi dari museum tersebut tidak pula kuno lho. Banyak sejarah peradaban pertanian Indonesia yang ditampikan justru bisa jadi pembelajaran yang fun dan membuat pengunjung menjadi terkenang.

Bahkan beberapa artefak dan penataan interiornya bisa menjadi tempat yang instagramable untuk cekrak-cekrek centhyl.

1. Patung Petani dan Kerbau Bajak Sawah. Anda bisa berfoto di dengan berlatarkan petani ini 

2. Sepeda Onthel, lengkap dengan properti baju lurik dan caping. Pengunjung bisa merasakan langsung menjadi petani zaman dahulu.

3. Dapur Petani. Dengan berpose meniup kompor suluh pengunjung bisa mendapatkan foto yang menarik dan unik

4. Dinding Coffee Corner, disini terdapat mural 3D yang bisa digunakan pengunjung untuk berfoto seperti menggiling kopi dan kegiatan meracik kopi.

5. Foto Petik Teh, Memakai pakaian, caping dan tas gadis pemanen teh, pengunjung bisa merasakan sensasi 3D memetik teh seperti langsung di lahan teh.

6. Berfoto di lahan jagung. Pengunjung bisa berfoto bersama dengan Presiden Joko Widodo dengan Menteri Pertanian Amran Sulaiman di lahan jagung. Merasakan sendiri sensasi seperti memetik jagung.

7. Berpakaian seperti penyadap karet. Di sini pengunjung bisa berfoto ala-ala penyadap karet.

8. Mendengar Suara Ir.Soekarno saat membacakan Proklamasi Kemerdekaan NKRI. Pengunjung bisa mendengarkan dengan menyentuhkan tangannya pada tombol yang telah disediakan. 

9. Pohon Harapan, Pengunjung diajak untuk menuliskan harapannya untuk pertanian Indonesia di masa yang akan datang. Dan berfoto bersama di depan pohon harapan.

10. Berfoto dengan model pertanian di era masa depan. Pengunjung bisa berfoto dengan mural yang menceritakan pertanian di masa depan akan berkembang.

11. Perkebunan buah tomat ceri. Pengunjung bisa berfoto dengan berlatarkan pertanaman buah tomat ceri yang dilakukan secara massal.

12. Berfoto 3D dengan alat berat. Pengunjung bisa berfoto bersama Menteri Pertanian Amran Sulaiman dengan menjadi operator alat berat.

13. Playground dan orang-orangan sawah. Untuk anak-anak, bisa berfoto di area playground dengan aneka mural yang menggambarkan suasana perdesaan. Ditambah adanya orang-orangan sawah membuat anak-anak senang berfoto.

14. Sapi Gatot Kaca. Sapi Belgian Blue yang lahir di Indonesia ini bisa menjadi objek foto yang menarik bagi anak-anak karena berukuran sama seperti aslinya sehingga menjadi objek foto yang sangat menarik.

 

 

 

Reporter : Nattasya
Copyright @ Tabloid Sinar Tani 2018