Kamis, 27 Juni 2019


Puding dan Es Krim Sayur Hidroponik, Segar dan Lebih Sehat

10 Jun 2019, 17:13 WIBEditor : Yulianto

Puding sayuran organik buatan KWT Delima Indah Cilacap | Sumber Foto:Wasis

Peluang bisnis itu yang digarap Kelompok Wanita Tani (KWT) Delima Indah Kelurahan Tambakreja, Kecamatan Cilacap Selatan, Kabupaten Cilacap.

TABLOIDSINARTANI.COM, Cilacap--Puding dan es krim menjadi salah satu makanan favorit yang menyegarkan, apalagi bahan bakunya berasal dari sayuran hidroponik. Bukan hanya kesegaran yang kita dapatkan, tapi juga kesehatan.

Peluang bisnis itu yang digarap Kelompok Wanita Tani (KWT) Delima Indah Kelurahan Tambakreja, Kecamatan Cilacap Selatan, Kabupaten Cilacap. Olahan sayur hidroponik berupa puding dan es krim tersebut ditampilkan saat kegiatan Lapak Petani tingkat Kabupaten Cilacap berlokasi di alun-alun Cilacap awal Mei 2019 lalu. 

Ketua KWT Delima Indah, Endang sebagai pembuat puding dan es krim dari bahan sayuran hirdroponik mengaku, telah memulai usahanya sejak setahun yang lalu dengan dibantu 15 anggota kelompoknya. Selama ini pemasaran melalui online dan juga pameran Lapak Petani. “Kita juga memasarkan saat pasar murah Ramadhan lalu,” ujarnya.

Endang mengungkapkan, alasan memilih membuat puding dan es krim dari sayuran hidroponik agar masyarakat, terutama anak-anak juga bisa mengonsumi sayuran, tapi dengan cara yang berbeda dan disukai anak-anak. Apalagi harga yang ditawarkan cukup terjangkau hanya Rp 2.500 satu kemasannya.

“Puding serta es krim kan semua orang suka dari mulai anak-anak dan dewasa. Jadi kami coba berinovasi membuat kuliner banyak disukai berbagai kalangan. Apalagi Kota Cilacap yang berada di pinggir pantai dengan cuaca panasnya cocok untuk menikmati pusing dan eskrim," paparnya.

Endang menuturkan, bahan baku utama pembuatan puding dan es krim ini adalah sayuran dengan beberapa campuran bahan lainnya untuk memperkaya rasa. Bahan baku utamanya sayuran dari pakcoy dan samhong.

Pembuat puding dan es krim dari sayuran yang terbaik. “Saya petik dari kebun hidroponik yang ada disamping rumah,” ujarnya seraya menambahkan, sayuran yang terpilih dari pot-pot hidroponik itu llau dibersihkan terlebih dulu agar diperoleh hasil yang higienis.

Usai dibersihkan, sayur ini dipotong-potong kecil untuk dihaluskan. Sebelum dihaluskan terlebih dahulu sayur ini dicampur bahan lainnya. Setelah dihaluskan, sayuran terlebih dahulu didiamkan beberapa saat. Tepung maizena dan susu yang direbus dengan suhu sedang hingga masak. "Tape sebagai rasa atau rasa lainnya tergantung selera serta gula secukupnya sebagai pemanis," ucapnya.

Sementara itu, Penyuluh Pertanian Lapangan (PPL) dari Balai Penyuluhan (BPP) Cilacap Dinas Pertanian Kabupaten Cilacap Adi Putra Tangguh Wibawa mengatakan, kepengurusan KWT Delima Indah sangat kompak dalam setiap kegiatannya, terutama budidaya sayur hidroponik yang secarang sudah memiliki 10 paket instalasi.

"Respon bagus dari pengurus untuk mengembangkan budidaya sayur hidroponik. Maka, sekarang sudah tahap olahan puding dan es krim," pungkasnya.

Reporter : Wasis
BERITA TERKAIT
Copyright @ Tabloid Sinar Tani 2018