Sabtu, 17 Agustus 2019


Habis Lebaran, Hajar Kembali Tubuh dengan Sayuran

13 Jun 2019, 16:03 WIBEditor : Gesha

sayuran dan buah-buahan sama-sama rendah lemak namun mengandung jumlah vitamin dan mineral yang tinggi. | Sumber Foto:ISTIMEWA

Konsumsi sayur tidak hanya mendapatkan vitamin dan mineral yang kaya akan anti oksidan, namun juga sumber serat pangan yang dibutuhkan oleh tubuh kita .

 

TABLOIDSINARTANI.COM, Jakarta --- Usai menjalani ibadah puasa selama satu bulan penuh, jangan biarkan pola makan anda kembali tidak teratur. Waktunya hajar kembali tubuh dengan aneka serat dari sayuran.

Sayuran memang kaya akan berbagai vitamin, mineral dan serat, yang semua nya penting untuk kesehatan.  Banyak penelitian menunjukkan, semakin banyak makan sayuran, kemampuan tubuh kita untuk menangkal penyakit semakin kuat.

Makan sayuran adalah kebutuhan penting, karena tidak semua zat gizi yang dibutuhkan oleh tubuh ada pada produk hewani. Meskipun manusia juga masih perlu untuk mengkonsumsi produk hewan dengan alasan yang sama.

Menurut pakar gizi Universitas Brawijaya, Dian Handayani, PhD , sayuran dan buah-buahan sama-sama rendah lemak namun mengandung jumlah vitamin dan mineral yang tinggi.

"Semua jenis sayuran, seperti sayuran berdaun hijau dan oranye merupakan sumber yang kaya kalsium, magnesium, kalium, zat besi, beta - karoten, vitamin B-kompleks, Vitamin C, Vitamin A dan Vitamin K Vitamin yang ada dalam sayuran memiliki peran penting sebagai anti oksidan dalam tubuh kita. Anti oksidan sangat penting untuk menangkal radikal bebas yang membahayakan tubuh dan menyebabkan berbagai macam penyakit  mulai dari gangguan pembuluh darah sampai kanker", ujar Dian mengingatkan.

Sayuran juga banyak mengandung serat larut dan serat tidak larut. Serat makanan memliki peran yang besar untuk menjaga kesehatan usus kita,  karena berguna untuk menyerap air dalam usus besar, mempertahankan kelembaban dalam kotoran dan membantu mengeluarkan feses dari tubuh.

Serat akan menjaga keseimbangan mikrobiota dalam usus sehingga kesehatan usus terjaga. Konsumsi sayur dan/atau buah 4-5  sajian per hari sangat dianjurkan untuk kesehatan. 

"Berbagai penelitian telah membuktikan, asupan serat yang cukup  dari sayur /buah akan menawarkan perlindungan dari wasir, kanker usus besar, sembelit kronis, dan fisura ani," terang Dian.

Menurut Dian, makan sayuran yang cukup tidak hanya membuat kita merasa lebih baik  namun juga akan membuat lebih bugar. Suplemen vitamin yang ada tidak akan bisa mengungguli kekuatan vitamin dari sumber alami.

Konsumsi sayur tidak hanya mendapatkan vitamin dan mineral yang kaya akan anti oksidan, namun juga sumber serat pangan yang dibutuhkan oleh tubuh kita .

Bila mengkonsumsi sayuran berwarna merah, oranye, kuning, dan hijau tua maka seseorang akan memasok berbagai macam vitamin penting bagi tubuh, terutama A, B, C dan K serta mineral. Dengan demikian sirkulasi darah akan mencapai tingkatan yang maksimal, dan sel sel tubuh akan menjadi lebih sehat. Dengan demikian kulit akan menjadi lebih bersih, mata cerah, rambut mengkilap dan gigi kuat sehingga tampak cantik segar dan awet muda.

"Yang terakhir, jangan lupa selain konsumsi sayuran yang cukup harus diikuti dengan minum air yang cukup, minimal 8 gelas perhari agar tubuh kita tetap bugar, sehat, cantik dan awet muda," pungkas Dian.

Reporter : Rico
BERITA TERKAIT
Copyright @ Tabloid Sinar Tani 2018