Minggu, 18 Agustus 2019


Suka Alpukat? Begini Cara Pilih yang Terbaik dan Matang !

27 Jun 2019, 05:24 WIBEditor : Gesha

Paling sebel memang jika kecele memilih alpukat | Sumber Foto:TABLOID SINAR TANI

Untuk yang sudah matang atau hanya diperam 2 hari, ciri-cirinya adalah buahnya tidak mengkilat, melainkan ada burik-buriknya dan dibagian lubang bekas batangnya itu berwarna kuning.

 

TABLOIDSINARTANI.COM, Jakarta --- Paling sebel kalau suka dengan alpukat tetapi sering kecele dengan yang belum matang. Akhirnya terpaksa harus diperam beberapa hari.

Berdasakan penjelasan dari Petani Penangkar Alpukat Cipedak, Ahmad Fahrizal, untuk mendapatkan buah alpukat yang bagus ada ciri-cirinya.

Untuk yang sudah matang atau hanya diperam 2 hari, ciri-cirinya adalah buahnya tidak mengkilat, melainkan ada burik-buriknya dan dibagian lubang bekas batangnya itu berwarna kuning.

“Kalau masih ada batangnya dikit, kita copot. Dilihat warna si bekas batangnya itu. Kalau kuning berarti tandanya sudah matang. Tetapi kalau tidak ada, kita goyang-goyangkan. Kalau ada bunyi dari biji yang terlepas, itu tandanya sudah matang (tua),” ungkapnya.

Buah yang mengkilat, biasanya menandakan bahwa alpukat tersebut belum matang. Tetapi buah yang kulitnya sudah burik atau ada hitam-hitamnya, itu sudah matang.

“Alpukat yang matang itu biasanya dipetik ketika sudah berusia 7-8 bulan (dari pembungaan hingga menjadi buah yang besar). Tandanya si kulit sudah tidak mengkilat lagi. Jadi kalau mau membeli alpukat, belilah yang kulitnya tidak mengkilat,” saran Ahmad.

Bagaimana untuk buah yang harus beberapa hari diperam dulu, apakah ada cara peram yang dianjurkan.

Ahmad menjelaskan ketika akan memeram alpukat, sebaiknya dapat dikuburkan di beras atau didiamkan saja di udara terbuka karena alpukat akan cepat matang.

Tetapi jangan menaruhnya di dalam lemari es, yang ada alpukatnya tidak akan matang-matang. “Apakah benar dikubur di beras cepat matang? Ya benar bisa cepat matang karena suhunya panas dan menyebabkan dagingnya menjadi lebih cepat matang,” pungkasnya. 

 

Reporter : Clara
Copyright @ Tabloid Sinar Tani 2018