Minggu, 20 Oktober 2019


Megahnya Monumen BJ Habibie di Gorontalo

11 Sep 2019, 22:14 WIBEditor : Gesha

Monumen BJ Habibie, menjadi kebanggaan dan inspirasi pemuda Gorontalo | Sumber Foto:ISTIMEWA

TABLOIDSINARTANI.COM, Gorontalo --- Jika Anda berkesempatan mendarat di Gorontalo dan menuju Sulawesi Tengah melalui jalur Trans Sulawesi, pasti akan langsung melihat patung ikonik terbaru yang besarnya seluruh badan disana.

Itulah patung BJ Habibie yang lengkap dengan pesawat di tangannya mengarah ke jalur lepas landas Bandara Djalaludin, seolah-olah siap diluncurkan. Dengan tinggi 7 meter dan lebar 3 meter, patung BJ Habibie tersebut sangat ikonik sebab menggunakan pakaian adat Gorontalo yang disebut Takowa dan dipakaikan pita warna emas di peci, yang menandakan sudah bergelar Pulangga yaitu gelar adat di Gorontalo.

Patung yang kemudian dikenal dengan nama Monumen BJ Habibie ini menjadi bentuk apresiasi tertinggi masyarakat Gorontalo di bidang Kedirgantaraan kepada salah satu putra terbaik bangsa yang berasal dari Gorontalo. Dalam catatan sejarah, B.J. Habibie merupakan etnis Gorontalo pertama yang pernah menjabat sebagai Presiden Republik Indonesia.

Kini, Ruas jalan Gorontalo Outering Ring Road (GORR) menjadi salah satu lokasi yang ramai dikunjungi masyarakat dengan adanya Monumen BJ Habibie disana. 

“Awal pembuatan patung ini didasari pada diskusi kami dengan pak BJ Habibie. Banyak yang bertanya-tanya kalau beliau orang mana? beliau jawab saya orang Gorontalo yang lahir di Pare-Pare," tutur Gubernur Gorontalo, Rusli Habibie. Monumen tersebut diharapkan bisa memberi inspirasi para kaum muda Gorontalo, agar dapat berprestasi seperti Presiden RI ketiga itu.

Reporter : TABLOID SINAR TANI
BERITA TERKAIT
Copyright @ Tabloid Sinar Tani 2018