Tuesday, 28 June 2022


ASTRA Dan Dinas KPKP Siap Kolaborasi Bangun Pertanian Jakarta

25 Jan 2022, 13:45 WIBEditor : Herman

Edison Monoarfa, Head Department Planning & Development YDBA

TABLOIDSINARTANI.COM, Jakarta --- Ada kabar gembira untuk para penggiat Urban Farming di  DKI Jakarta. Yayasan Dharma Bhakti Astra (YDBA) siap bekerjasama dengan Dinas KPKP untuk pengembangan pertanian di Ibukota. 

Perkembangan urban farming  Ibukota Jakarta yang begitu pesat ternyata mendapat perhatian dari Yayasan Dharma Bhakti Astra (YDBA). Yayasan yang merupakan salah satu CSR dari PT Astra International ini memang fokus dalam pembinaan UMKM di sektor manufaktur bengkel, kerajinan, kuliner dan pertanian di seluruh Indonesia.

“Kami siap menjadi kolaborator dalam melakukan pembinaan dan pendampingan UMKM di bidang pertanian. YDBA telah berpengalaman selama 24 tahun dalam memberikan pendampingan kepada pelaku UMKM. Pembinaan yang telah dilakukan YDBA terhadap pelaku UMKM dilaksanakan dalam kurun waktu 3 tahun agar menjadi mandiri,” ungkap Head Department Planning & Development YDBA,Edison Monoarfa saat audiensi secara virtual dengan Dinas Ketahanan Pangan, Kelautan, Pertanian (DKPKP) DKI Jakarta, Senin (24/1).  

Yayasan yang didirikan oleh pendiri Astra, William Soeryadjaya pada tahun 1980 ini sebagai komitmen Astra untuk berperan serta aktif membangun bangsa. Yayasan Astra berkontribusi aktif di berbagai bidang mulai dari Pendidikan, UMKM, Sosial Agama, Lingkungan, dan Pengembangan Masyarakat.

Dijelaskan Edison, program Astra meliputi berbagai bidang kegiatan. Seperti Astra Sehat, yang terus berkontribusi dalam menjaga kualitas kesehatan masyarakat di berbagai kampung melalui peningkatan fasilitas serta penyuluhan Kesehatan.

Astra Hijau, sebagai pelopor lingkungan hidup, Astra turut berkontribusi menjaga dan meningkatkan kualitas lingkungan hidup. Astra Cerdas, telah mengadakan beberapa program untuk meningkatkan Pendidikan serta melakukan beberapa pelatihan demi meningkatkan kualitas SDM di Indonesia.

“Dan Astra Kreatif, yang terus meningkatkan dan menggali potensi lokal untuk membuka peluang usaha kreatif masyarakat. Program Astra Kreatif ini telah berhasil menciptakan sebanyak 7.440 UMKM yang menyerap 65.500 karyawan,“ tutur Edison.

Tawaran kerjasama dari YBDA mendapatkan sambutan positif dari Dinas KPKP DKI Jakarta. Diungkapkan Kepala Bidang Pertanian DKPKP DKI Jakarta, Mujiati, tawaran kerjasama dari YDBA sangat diharapkan untuk menambah pelaku usaha yang dapat difasilitasi.

“Kami berharap kedepannya dapat terjalin kolaborasi yang baik antara Dinas KPKP dengan Yayasan Dharma Bhakti Astra (YDBA), sehingga dapat menciptakan DKI Jakarta yang berdaulat pangan. Mudah-mudahan kerjasama ini dapat terus berlanjut sehingga dapat memberikan manfaat kepada masyarakat binaan Dinas KPKP di DKI Jakarta,“ harapnya.

Pengembangan urban farming di DKI Jakarta sendiri dilakukan berbasis ruang. Dinas KPKP terus mendorong masyarakat untuk melakukan budidaya pertanian dengan memanfaatkan lahan yang ada di berbagai tempat antara lain rooftop (atap bangunan).

Bukan hanya itu, untuk memberikan edukasi ke masyarakat, DKPKP menyelenggarakan akademi urban farming.  Sementara untuk membantu pemasaran hasil pertanian telah terbentuk komunitas pemasaran bernama Ikatan Komunitas Hidroponik IKONIK. Komunitas ini terbuka untuk seluruh penggiat urban farming hidroponik di DKI Jakarta.

Di bidang pengolahan hasil, telah dibangun rumah produksi untuk para pelaku usaha hasil kerjasama dan berkolaborasi dengan Kementerian Pertanian.

Dalam pertemuan tersebut turut hadir Staff Planning & Development YDBA, Yoga Pratama, Kepala Bidang Pertanian Dinas KPKP Provinsi DKI Jakarta, Mujiati bersama para Sub Koordinator dan Staf Bidang Pertanian.

Reporter : Indri
BERITA TERKAIT
Edisi Terakhir Sinar Tani
Copyright @ Tabloid Sinar Tani 2018