Kamis, 01 Desember 2022


Momentum Hari Kartini, KWT Melati Senja Jakbar Panen Beragam Bahan Pangan

26 Apr 2022, 15:05 WIBEditor : Herman

KWT Melati Senja Jakarta Barat Panen Beragam Bahan Pangan | Sumber Foto:TV Tani Indonesia

TABLOIDSINARTANI.COM, Jakarta --- Penggiat Urban Farming di Jakarta sebagian adalah para ibu yang tergabung dalam Kelompok Wanita Tani (KWT). Di sela-sela kesibukan mengurus rumah tangga, mereka pun sangat produktif untuk bertani, menghasilkan beragam pangan.

Dinas Ketahanan Pangan, Kelautan, dan Pertanian (DKPKP) DKI Jakarta menampilkan beberapa profil KWT dalam rangka Hari Kartini tahun 2022 di bulan April ini. Hal ini sebagai dukungan dan apresiasi terhadap upaya warga Jakarta memenuhi kebutuhan pangan sendiri.

Salah satu KWT yang pada momentum peringatan Hari Kartini melakukan kegiatan panen yaitu KWT Melati Senja, Jakarta Barat, pada Kamis (21/4). Hasil panen berupa puluhan kilogram sayur, seperti bayam, cabai, tomat, dan ikan.

“Sudah beberapa kali panen, untuk dikonsumsi anggota kelompok dan sebagian dijual. Hasilnya untuk beli seragam, jalan-jalan, menghilangkan kepenatan sekaligus hiburan,” kata Romlah, pengurus KWT Melati Senja.

Romlah bersyukur dengan adanya bantuan dari DKPKP berupa bibit, pupuk, pelatihan, serta  pendampingan. Kegiatan urban farming bermanfaat untuk pemberdayaan perempuan, karena melibatkan kaum perempuan agar lebih produktif.

 

“Alhamdulillah ibu –ibu di sini motivasinya sangat tinggi. Kami sebagai Pembina juga senang, memberikan pembinaan dan informasi dari Sudin . Mereka sendiri pada dasarnya senang menanam di rumah. Ada lahan, kami berikan contoh, pertanian perkotaan tidak harus lahan luas, di lahan sempit pun bisa, “ kata Wahyudi, Penyuluh Pertanian Sudin KPKP Jakarta Barat. 

Reporter : Indri
Edisi Terakhir Sinar Tani
Copyright @ Tabloid Sinar Tani 2018