Jumat, 19 April 2024


Pemprov. DKI Jakarta Jadikan Kolong Tol Lahan Urban Farming

13 Jan 2023, 10:47 WIBEditor : Herman

PJ Gubernur DKI Jakarta, Lakukan Tanam Pohon Di Kolong TOL Becakayu | Sumber Foto:Humas DKPKP DKI Jakarta

 

TABLOIDSINARTANI.COM, Jakarta --- Keterbatasan lahan tidak membuat Pemprov. DKI Jakarta menyerah untuk menghadirkan pertanian di ibukota. Salah satunya dengan memanfaatkan kolong jalan tol Becakayu Jakarta Timur sebagai tempat kegiatan pertanian.

“Saya berharap agar lahan tersebut dapat ditanami pohon untuk penghijauan dan kegiatan urban farming (pertanian perkotaan) yang mendukung ketahanan pangan,” kata Pj Gubernur DKI Jakarta Heru Budi Hartono.

Sementara itu, pada kesempatan yang sama Kepala Dinas KPKP Provinsi DKI Jakarta, Suharini Eliawati, mengatakan [rogram penanaman pohon diharapkan dapat dilakukan rutin dan dijadikan percontohan di beberapa lokasi lainnya yang tersebar di seluruh wilayah DKI Jakarta.

 

Kegiatan penanaman merupakan kolaborasi antara OPD seperti Dinas Pertamanan dan Hutan Kota DKI Jakarta, Dinas KPKP,  Dinas Lingkungan Hidup, Dinas Bina Marga, Dinas SDA dan Walikota Jakarta Timur beserta jajaran.

Sebanyak 10.200 pohon produktif telah tertanam disepanjang lokasi Kolong Tol Becakayu, lahan milik Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) yang dikelola oleh Jasa Tirta II.

 

Untuk kegiatan urban farming, bibit yang ditanam meliputi kelapa kopyor dan kelapa hibrida,  cabai, terong, jagung manis, jagung pelangi dan aneka tanaman obat keluarga hasil produksi UPT Pusat Pengembangan Benih dan Proteksi Tanaman Dinas KPKP serta Sudin KPKP Wilkodya Jakarta Timur. Bibit-bibit tersebut melengkapi bibit tanaman yang telah ditanam sebelumnya yaitu pisang cavendis, jambu jamaika dan mangga.

 

 

 

Reporter : Indri
Edisi Terakhir Sinar Tani
Copyright @ Tabloid Sinar Tani 2018