Kamis, 18 Juli 2024


Kentang Masuk Indofood, Peluang Emas Muara Enim

13 Peb 2023, 07:55 WIBEditor : Gesha Yuliani Nattasya

Panen kentang | Sumber Foto:Istimewa

TABLOIDSINARTANI.COM, Muara Enim --- Dengan pendampingan Penyuluh dan implementasi program Integrated Participatory Development and Management of Irrigation Program atau IPDMIP, Kentang dari Muara Enim bisa tembus PT Indofood.

Plt Bupati Muara Enim, Ahmad Usmarwi Kaffah didampingi Plt Ketua TP PKK Muara Enim, Nurul Vita Kaffa dan jajaran Pemkab Muara Enim melakukan panen kentang.

Panen kentang dan bawang ini merupakan program kerjasama PT Indofood Fortuna Makmur di Desa Gunung Agung, Kecamatan Semendo Darat (SDT), Rabu (08/02).

Plt Bupati Muara Enim mengapresiasi panen tersebut. Menurutnya, potensi pertanian dan perkebunan di Semendo Raya ini sangat luar biasa dan sangat menjanjikan untuk dijadikan sebagai pusat industri kentang unggulan di Muara Enim, bahkan, di Sumsel.

"Saya lihat tanaman kentang ini tumbuh subur, dan para petani dapat harga yang baik sehingga Muara Enim yang sejahtera dapat terwujud," katanya.

Sebelumnya, Muara Enim sendiri hanya memiliki lahan dan produksi kentang non industri saja. Namun, kini telah bekerjasama dengan PT Indofood Fortuna Makmur. Ini merupakan program perdana di lahan seluas 51 hektar yang berada di tiga desa dalam kecamatan SDT, dengan luasan lahan Desa Rekimai Jaya 16 hektar, Desa Swarna Dwipa 20 hektar dan Desa Gunung Agung 15 hektar dengan total panen kurang lebih 1.020 ton."Ini menjadi peluang emas bagi kita untuk lebih meningkatkan produksi kedepan," ujarnya.

Apalagi, Muara Enim masih memiliki sekitar 500 hektar lahan potensial budidaya tanaman holtikultura dan juga sudah ada pasar yang menerima yaitu PT Indofood Fortuna Makmur.

Skema pola kerjasama grading ini yaitu PT Indofood Fortuna Makmur yang telah meminjamkan bibit kepada kelompok petani untuk ditanam, akan membeli hasil panen berkualitas atau memenuhi kualifikasi mutu yang diharapkan dengan harga yang telah disepakati dan dipotong biaya pinjaman bibit.

Sedangkan sisa hasil panen lainnya akan menjadi hak bagi kelompok tani. Tentunya ini memberikan profit atau keuntungan bagi petani.

Plt Bupati Muara Enim, Ahmad Usmarwi Kaffah menambahkan kegiatan ini sebagai upaya bersama dalam meningkatkan kesejahteraan petani dan juga mendukung ketahanan maupun kemandirian pangan di Kabupaten Muara Enim yang selaras dengan program Gubernur Sumatera Selatan yaitu ‘Gerakan Sumsel Mandiri Pangan’ dan Muara Enim sebagai Kawasan Food Estate ‘Lumbung Pangan’ Provinsi Sumatera Selatan.

"Semoga kedepan akan semakin banyak pengembangan dan pertumbuhan luas tanam kentang industri melalui pola serupa, tentunya kita harapkan dengan dukungan dan kerja sama yang semakin baik dengan PT Indofood Fortuna Makmur," pungkasnya.

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

Reporter : Nattasya
BERITA TERKAIT
Edisi Terakhir Sinar Tani
Copyright @ Tabloid Sinar Tani 2018