Sabtu, 24 Februari 2024


Lihat Greenhouse Terbesar Dunia, Dirjen Hortikultura Ingin Petani Belajar

05 Okt 2023, 13:33 WIBEditor : Yulianto

Kunjungan Mentan SYL ke Green House di Spanyol | Sumber Foto:Humas Horti

TABLOIDSINARTANI.COM, Almeira---Sistem green house skala besar yang dikembangkan dalam pertanian di negeri matador, Spanyol, mampu menerapkan sistem pengendalian hama penyakit alami (biological control), sehingga residu pestisida sangat rendah dan produk yang dihasilkan berkualitas.

Uni Eropa menerapkan standar yang sangat tinggi terhadap komoditas hortikultura, khususnya yang akan dikonsumsi langsung dalam bentuk segar oleh masyarakatnya. Spanyol adalah negara keempat terbesar produsen sayuran ke Uni Eropa dengan omset mencapai 5 miliar dollar AS per tahun.

Dalam kunjungan kerjanya ke Spanyol,  Menteri Pertanian Republik Indonesia, Syahrul Yasin Limpo (Mentan SYL) berkesempatan berkunjung ke salah satu bangunan greenhouse terluas di dunia, yaitu di Provinsi Almeira. Dalam kunjungan kerja ke Spanyol, SYL didampingi Direktur Jenderal Hortikultura, Prihasto Setyanto Prihasto.

Dirinya menyampaikan, apa yang dilakukan Kementerian Pertanian Spanyol di Almeira sudah seharusnya diterapkan juga di Indonesia. "Banyak lahan pertanian Indonesia, khususnya untuk komoditas hortikultura, sudah berlebihan menggunakan pestisida. Selain mengancam kelestarian alam, residu pestisida juga menimbulkan penyakit penyakit degeneratif," kata Prihasto.

Prihasto menambahkan, dalam waktu dekat akan mengajak petani-petani Indonesia untuk belajar ke Spanyol bagaimana melakukan kontrol secara biologis (biological control) terhadap hama penyakit tanaman hortikultura, sehingga dapat menjamin kualitas produk yang dihasilkan.

"Saya ingin sekali mengirim petani milenial Indonesia untuk belajar biological control di Spanyol. Bagaimana mengembangkan konsep bisnis yang ramah lingkungan sehingga produk hortikultura Indonesia mampu berdaya saing," kata Prihasto.

Kementerian Pertanian Spanyol selama 40 tahun lebih terhadap lahan tandus Almeira dan menyulap lahan marjinal kering menjadi lahan pertanian subur dengan teknologi greenhouse (GH), desalinasi air laut, serta sumur pompa air dalam.

GH ini menerapkan sistem pengendalian hama penyakit terpadu dengan konsep pemanfaatan musuh alami. Ternyata Spanyol adalah negara yang cukup maju dalam upaya pengendalian hama penyakit berbasis musuh alami sehingga mereka sangat minim sekali menggunakan pestisida.

Reporter : Julian
Edisi Terakhir Sinar Tani
Copyright @ Tabloid Sinar Tani 2018