Sabtu, 25 Mei 2024


Gandeng Agincourt Resources, Bapeltan Jambi Gelar SL Bawang Merah

17 Nov 2023, 16:40 WIBEditor : Herman

Sekolah Lapangan Bawang Merah di Tapanuli Selatan | Sumber Foto:Istimewa

TABLOIDSINARTANI.COM, Tapanuli Selatan --- Dukungan terhadap program pemerintah khususnya dibidang pertanian terus diberikan Agincourt Resources (AR). Bukan hanya dibidang pangan, dukungan juga diberikan pada bidang hortikulturan dengan menggelar Sekolah Lapang (SL) budidaya bawang merah di Desa Napa, Kecamatan Batang Toru, Kabupaten Tapanuli Selatan, Provinsi Sumatera Utara. 

Kegiatan Sekolah Lapang yang bekerjasama dengan UPT Kementerian Pertanian, Bapeltan Jambi ini dihadiri kurang lebih 20 orang peserta. Yang terdiri dari Koordinator BPP Batangtoru beserta penyuluhnya, perwakilan kelompok tani sekitar Kecamatan Batangtoru, tim Bapeltan Jambi, serta narasumber POPT dari Dinas Tanaman Pangan dan Hortikultura Sumatera Utara.

Kegiatan tersebut  merupakan bentuk aktualisasi pengajuan proposal kegiatan penyuluh Kecamatan Batangtoru ke PT. Agincourt Resources.

Dalam Sekolah Lapang tersebut, narasumber utama dari Dinas Tanaman Pangan dan Hortikultura Sumatera Utara menjelaskan tentang teknis budidaya bawang merah, mulai dari pengolahan lahan, pemupukan, pemeliharaan, serta pengendalian organisme pengganggu tanaman (OPT) dan juga varietas yang digunakan batu ijo yang sesuai untuk dataran rendah.

Sementara itu Koordinator Penyuluh BPP Batangtoru mengatakan bahwa budidaya bawang merah ini perdana dilakukan di Kecamatan Batangtoru. Ia juga berharap demplot seluas 400 m2 ini berhasil dan dapat dijadikan contoh bagi para petani di kecamatan ini.

Pada kesempatan yang sama perwakilan Bapeltan Jambi, Fergutson Nainggolan menyampaikan bahwa untuk memulai memang tidak mudah namun tetap harus semangat untuk dapat berubah ke arah yang lebih baik, apalagi baru perdana dilakukan.

“Ini sebagai proses pembelajaran bagi semua yang ada di Kecamatan Batangtoru.” Ungkapnya.

Selain itu, dalam kegiatan ini pihak Bapeltan juga mensosialisasikan teknis kegiatan SL yaitu berupa pengorganisasian pelaksanaan demplot mulai dari pembagian kerja, pembuatan jadwal palang kegiatan, dokumentasi kegiatan dan penyusunan laporan akhir yang disusun internal oleh BPP Batangtoru.

Kepala Badan Penyuluhan dan Pengembangan Sumber Daya Manusia Pertanian (BPPSDMP), Dedi Nursyamsi memberikan acungan jempol untuk kinerja para penyuluh pertanian.

“Semua itu tentunya tidak lepas dari peran penyuluh pertanian yang terus melakukan pendampingan kepada petani untuk meningkatkan produksi dan produktivitas sehingga panen bawang merah berhasil. Penyuluh pertanian merupakan garda terdepan dalam pembangunan pertanian, bahkan di era pademi ini pertanian tidak pernah berhenti karena harus menyediakan pangan bagi 270 juta jiwa masyarakat Indonesia,” ujar Dedi.

 

Reporter : Eko
BERITA TERKAIT
Edisi Terakhir Sinar Tani
Copyright @ Tabloid Sinar Tani 2018