Jumat, 23 Februari 2024


Harga Makin Mahal, TP PKK Sidrap Tanam Cabai di Pekarangan

13 Jan 2024, 18:05 WIBEditor : Herman

TP PKK Sidrap Tanam Cabai di Pekarangan | Sumber Foto:Istimewa

TABLOIDSINARTANI.COM, Sidrap --- Gejolak harga cabai yang mendorong inflasi di antisipasi ibu-ibu PKK di Sidrap dengan menanam sendiri. Manfaatkan pekarangan, kegiatan menam ini juga bisa menjadi pemenuhan gizi keluarga dan penanganan stunting.

Program memanfaatkan lahan pekarangan yang diinisiasi PJ Gubernur Sulawesi Selatan mendapatkan respon positif dari masyarakat. Seperti Tim Penggerak PKK Kabupaten Sidrap yang mencanangkan gerakan menanam cabai di perkarangan terus di kampanyekan kepada seluruh masyarakat.

Di Kecamatan Baranti dan Kecamatan Watang Pulu, TP PKK Sidrap membagikan bibit cabai dan sosialisasi cara budidaya tanaman cabai. Kegiatan dipimpin Penjabat Ketua TP PKK Sidrap, Hj Hafni Basra didampingi para pengurus PKK Kabupaten Sidrap.

Di kecamatan Baranti, kegiatan dilaksanakan di Desa Tonrong Rijang, dihadiri Camat Baranti Bustaman, unsur forkompinca, serta para kader PKK.

Hafni Basra menjelaskan, gerakan menanam cabai itu merupakan program dari Bapak Pj Gubernur Sulawesi Selatan dalam hal memanfaatkan lahan pekarangan.

"Gerakan menanam cabai ini juga merupakan salah satu program dari PKK juga. Sesuai arahan Bapak Pj Gubernur dalam menekan inflasi, pemenuhan gizi keluarga, serta penanganan stunting. Ibu-ibu diharapkan gemar menanam dan memanfaatkan lahan pekarangan rumah, seperti menanam cabai 10-20 pohon setiap rumah, " ucapnya.

Lebih lanjut dijelaskan Hafni, gerakan tanam cabai di pekarangan merupakan salah satu solusi  dalam mengatasi gejolak harga cabai yang terjadi di pasar.

“Lumayan kan ibu-ibu, jika nanti sudah berbuah, konsumsi cabai dalam kehidupan sehari-hari bisa terpenuhi, selain dikonsumsi juga bisa kita jual," kata Hafni.

Sementara itu, Camat Baranti Bustaman mengatakan, melalui gerakan tanam cabai diharapkan masyarakat dapat  mengoptimalkan  lahan pekarangan khususnya, sehingga kebutuhan pangan keluarga, khususnya cabai akan terpenuhi.

Di Kecamatan Watang Pulu, kegiatan dipusatkan di Kelurahan Bangkai. Camat Watang Pulu, Hidayatullah Abbas sangat mengapresiasi program gerakan menanam cabai ini.

"Semoga dengan pembinaan TP PKK dari kabupaten, masyarakat Kecamatan Watang Pulu gemar menanam dan memanfaatkan lahan pekarangan rumahnya," ujar Hidayatullah.

Reporter : Suriady
BERITA TERKAIT
Edisi Terakhir Sinar Tani
Copyright @ Tabloid Sinar Tani 2018